Silaturahmi Lintas Komunitas 'Pancasila - Merah Putih' ke Ponpes Al-Qona'ah, Cikajang Garut - Pancasila itu ...


  Berbagi untuk sesama sambil bersilaturahmi di Ponpes Al Qona'ah Cikajang, Garut, Jawa Barat (12/10/2022) mendiskusikan Pancasila untuk NKRI saat ini dan masa depan (Foto:Rivansyah Dunda). 



Algivon -- Pemandangan unik kembali tercipta, kala Komunitas 'Pancasila - Merah Putih' berkunjung  ke Yayasan Pendidikan Islam (YPI) MA AlQona'ah Cikajang di Jl Dano Cibodas, Cikajang Kabupaten Garut, Jawa Barat (12/10/2022).  Sebanyak 21 orang  dari 'Komunitas 'Pancasila - Merah Putih' sengaja datang dari Kota Bandung, tujuannya mengajak berdiskusi bersama insan Ponpes Al-Qona'ah.  Tajuk diskusinya, 'Melebur bersama Pancasila & Merah Putih'. Tercatat ada 21 orang dari Bandung ini, masing tergabung dalam komunitas Jagaditha Karya Nusantara, Aliansi Bandung Cinta Damai (ABCD), Kusala Mitta, dan Mawas Centre.


"Perencanaannya cukup lama, menghadirkan diskusi Pancasila di Ponpes ini. Bersyukur para nara sumber sangat bersemangat dan gembira menyampaikan materi ini. Soalnya, para insan pendidikan di Ponpes Al-Qona'ah inipun menyambutnya dengan baik," papar Tonny Ellen selaku Koordinator Kegiatan yang diamini oleh tim kerjanya Ati Basuki, Ranny, Irma, Ocha, Vero, dan Desire.



Membina kebersamaan saat ini dan masa mendatang, salah satunya via pemahaman 'refreshing' apa itu Pancasila sesungguhnya dan pentingnya bagi kita. (Foto: Rivansyah Dunda)



Sementara itu  Aceng Zeni Mohamad Iqbal, SE Pimpinan YPI Al Qona'ah yang lembaga pendidikannya memiliki sekitar seribu lebih siswa dari mulai TK hingga SMKdi akhir pertemuan mengaku sangat terkesan atas kunjungan ini, terutama perihal pemaparan tentang Pancasila:


"Saya baru tahu paparan materi Pancasila kali ini, begitu mendalam dan menarik, dan banyak hal baru bagi saya, apalagi para siswa pasti juga baru mengetahui fakta-fakta ini," ujar Aceng Zeni Mohamad Iqbal sambil menambahkan - "Kalau memungkinkan dilakukan secara rutin, biar anak-anak dan kami sendiri para pendidik di sini lebih paham lagi makna lebih jauh ideologi Pancasila untuk NKRI." 


Respon Siswa ...


Kepada redaksi pemateri tentang pemaknaan di balik fakta Pancasila yang membawakannya secara memikat oleh aktivis kebangsaan Furqan AMC ini, lalu diteruskan oleh Teriska mantan Widyaiswara dari TTUC (Technical Training & Up Grading Center) Cimahi-Bandung. 



Menggemakan Indonesia Raya dan lagu yang menggugah dan mempertebal kecintaan pada NKRI (foto: Rivanyah Dunda).



"Saya pun terperangah oleh reaksi para siswa yang ternyata di luar dugaan. Artinya para siswa ini merespon dengan baik dan antusias. Pun, mereka pun bisa menyimpulkan sendiri bagaimana pentingnya Pancasila kita amalkan. Itu, setelah mereka berdiskusi dengan kawan-kawannya. Kesimpulannya, kita memang butuh panduan Pancasila dalam hidup berbangsa dan bernegara," papar Furqan AMC yang diamini Teriska. 


Kepada redaksi dua siswa SMK 1 Juni Kelas XI yakni Dea Widiana dan Bagja AMD di Kompleks YPI Al Qona'ah Cikajang, menyatakan merasa beruntung atas kehadiran lintas komunitas 'Pancasila - Merah Putih' :



Dinamika diskusi Pancasila dan apresiasi atas kesimpulannya ... (Foto: Rivansyah Dunda)



"Banyak pengetahuan tentang bagaimana memaknai lambang Pancasila, ternyata baru kami ketahui hari ini. Kalau bisa mah sering-seringlah hal seperti ini didiskusikan di sekolah kami," pintanya sambil menambahkan -"Setiap tahun dalam kaitan Hari Kesaktian Pancasila, sangat memungkinkan digelar acara seperti ini."  


Lainnya, Ijuddin (53) warga yang tinggal di sekitar YPI MA AlQona'ah Cikajang di lingkungan Jl Dano Cibodas, Cikajang  yang menyekolahkan dua putra-putrinya di lembaga pendidikan ini, ia mengetahui kehadiran  rombongan Lintas Komunitas 'Pancasila - Merah Putih':



"Kini aku lebih paham apaitu pentingnya kita memiliki dan menerapkan sila-sila yang ada di Pancasila dalamkehidupan sehari-hari," seru beberapa siswa di Ponpes Al-Qona'ah Cikajang Garut. (Foto: Rivansyah Dunda).



"Itu menarik sekali tadi rombongan ini hadir dengan baju tradisional kita yang sudah jarang dipakai oleh kita sendiri. Saya pikir ini bagus untuk memperkaya wawasan putra-putri kita di daerah Cikajang khususnya. Sebaiknya, kegiatan seperti ini lebih sering dilakukan di Cikajang khususnya. Kata anak saya, rombongan ini mengajarkan tentang Pancasila dengan berbagai game yang menarik, katanya" (Harri Safiari & Tim). 



Silaturahmi Lintas Komunitas 'Pancasila - Merah Putih' ke Ponpes Al-Qona'ah, Cikajang Garut - Pancasila itu ...  Silaturahmi Lintas Komunitas 'Pancasila - Merah Putih' ke Ponpes Al-Qona'ah, Cikajang Garut - Pancasila itu ... Reviewed by Harri Safiari on 10.31 Rating: 5

1 komentar

  1. From Megaways to the most well-liked Hold and Win games - take a look at|try} their listing of titles right here. 10 spins on Fishin' Frenzy The Big Catch valued at 10p each. Spins credited when referrer and referee deposit & spend £10. Ultimately, slots are all about luck — and you'll usually only come out as a 온라인 카지노 winner if you quit while you’re ahead. There is no guaranteed way to win a slot machine, but there a couple of of} things|are some things} you are able to to} do} to assist enhance your odds.

    BalasHapus