Ketua DPRD Jabar H. Taufik Hidayat Apresiasi 'Kritisi' Kota Bandung - Setidaknya ... ‘Paris van Java’ Bangkit Bersama …



Pagar vinil proyek apartemen di dekat Terminal Antapani Kota Bandung yang sudah lama roboh plus sisanya menjadi ajang vandalisme, tampak kumuh mengganggu rasa visual estetika mata warga Bandung. Persoalan lain, di dekatnya ada baliho segede gajah dengan ujaran 'Bangkit Bersama untuk Bandung Juara', itu mah urusan lain kata warga di sekitar area ini. (Foto: Harri Safiari 14/9/2022).



 

Algivon -- Melanjut serial ‘kritisi' untuk Kota Bandung dari Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Brigjen TNI (Purn) H Taufik Hidayat, S.H., M.H yang ia kemukakan pada Selasa, 13 September 2022 lalu. Esoknya,  tim redaksi kembali secara acak menyusuri Kota Bandung. Hal ini dilakukan dalam kaitan memotret bagaimana kondisi terkini sarana untuk kepentingan warga secara kasat mata. Harapannya, segera ditangani oleh yang  berwenang di Kota Kembang ini, yang dulu katanya sempat berjuluk Paris van Java. 

 

Penelusuran pertama pada Rabu, 14 September 2022 di seputar Terminal Antapani, tepat di seberang Jl. Tanjungsari masih ada sebidang tanah kosong untuk pembangunan apartemen:"Sudah beberapa minggu ini, kondisi proyek apartemen di sebelah terminal Antapani yang dipagari vinil, ya jebol dan merusak pemandangan. Tak ada yang peduli," papar Sumarna (46) warga Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik yang setiap hari lalu-lalang di daearah ini.

 

Sudut lain dari onggokan sampah robohan pagar vinil proyek apartemen di Antapani dekat terminal Antapani Kota Bandung  - Pemandangan sareukseuk ini menjadi alah biasa saja, every body so happy ...  (Foto: Harri Safiari 14/9/2022)




Uniknya, kondisi jebolnya pagar vinil yang sebelumnya bergambar apartemen yang modern dan kini tinggal merongsok, bersebelahan dengan baliho ucapan selamat yang cukup mentereng dari Walikota Bandung Yana Mulyana. "Itu tuh ada Bangkit Bersama untuk Bandung Juara. Ini kan menyambut Hari Jadi ke-212 pada 25 September 2022. Dekat baliho ini ada aksi corat-coret vandalisme, rasanya kurang pantas dipasang dekat rongsokan pagar proyek apartemen yang rubuh," tambah Sumarna sambil melengos pergi.



Panorama 'Bandung Paris van Jawa' Kekinian untuk TPS Pasar Kiaracondong Kota Bandung dari fly over Kiaracondong, apa mau dikata beginilah tampak muka salah satu pasar di Ibukota Jawa Barat. (Foto: Harri Safiari 14/9/2022).  


 

Masih dihari yang sama, telusur tim redaksi selanjutnya mengamati kondisi Pasar Kiaracondong Kota Bandung. Panorama diambil dari fly over Kiarancondong. Tak ayal seperti biasa, kondisinya penuh dengan kekumuhan. Dari sini berlanjut perjalanan ke seputar Jalan Anggrek dan Taman Super Hero. Di area ini ditemukan sejumlah jalan berlubang yang membahayakan para penggunanya, serta drainase yang mengarah ke Jalan Supratman, ternyata kerap mampet bertahun-tahun.


Ini hal kecil mungkin, Super Hero yang memakai 'celana dalam di luar' yang bertengger di Taman Super Hero di Jalan Bengawan Kota Bandung, lampu penerangannya katanya baru dipasang sudah raib. Akibatnya, malam hari menjadi gelap. Dikhawatirkan bila tak segera ditangani, tangan-tangan jahil untuk hiburan anak dan cucu kita akan merangsek mempretelinya. (Foto: Harri Safiari, 14/9/2022)




Entah bagaimana caranya harus membaca papan penerangan tentang apa dan siapa Super Hero ini, dikhawatirkan muncul penafsiran lain dari para pembacanya. Masih di sudut lain di Taman Superhero di Jl. Bengawan Kota Bandung (Foto: Harri Safiari 14/9/2022).

 


"Duh, kalau hujan turun di Jalan Anggrek yang dekat jalan Jamuju ini, pasti air menggenang 20 hingga 30 cm lebih, lamanya bisa berjam-jam baru agak kering. Jalan berlubang di sekitar ini, bikin bahaya utamanya buat pemotor. Banyak yang kena celaka jatuh," papar Darwan yang sehari-hari berprofesi sebagai tukang cukur, diamini rekannya Depe selaku juru parkir. 




Kondisi salah satu titik jalan berlobang di ruas Jalan Anggrek Kota Bandung, bila hujan turun kerap terjadi kecelakaan di sini, penyebabnya lubang tertutup air dikiranya jalan di sini baik-baik saja, padahal sebaliknya. (Foto: Harri Safiari 14/9/2022).




Kang Depe juru parkir di Jalan Anggrek totogan Jalan Jamuju Kota Bandung, ia menunjukkan sudah 'rieut' sejak lama ruas jalan Anggrek bila hujan turun sedikit langsung menggenang ke tengah jalan, tersebab drainase tertutup sampah dan -"Diduga ada kesalahan konstruksi, pokona mah mangpet we kalau sedikit hujan di daerah ini,' ujar Depe dengan muka kesel. (Foto: Harri Safiari 14/9/2022)


 


Kata Taufik Hidayat …

 


Menanggapi temuan 'kritisi' sekilas kali ini yang digagas demi masukan untuk perbaikan Kota Bandung yang pernah berjuluk sebagai Paris van Java. Sekilas info, Ini didasarkan pada kejayaan momentum pasar malam tahunan Jaarbeurs (sekarang Jl. Aceh) pada tahun 1920, seperti tercantum pada buku tulisan Haryanto Kunto berjudul 'Bandoeng Tempo Doeloe':

 

"Temuan sekilas bung wartawan, pagar proyek apartemen roboh di Antapani yang didiamkan, kekumuhan Pasar Kiaracondong, jalan berlubang dan dainase mampet di Jl. Anggrek, dan temuan lainnya, fakta-fakta ini saya sampaikan langsung  ke yang berwenang di kota Bandung," papar Kang H Taufik Hidayat tatkala merespon temuan per 14 September 2022.

 

Masih kata Kang H Taufik Hidayat yang ditemui sibuk mengawasi renovasi kediaman pribadinya di Jl. L.L.R.E Martadinata Bandung, kembali ia sampaikan:

 


Euleuh-euleuh, ini Bandoeng Tempo Doeloe sebagai Paris van Java, ini di sekitar Jl. Braga pada era 1930-an. (Foto: Tropenmuseum)



"Ingat bung wartawan, kritisi ini bukan untuk apa-apa ya? Semata demi perbaikan kita bersama. Kota Bandung sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, janganlah sampai menurun kualitasnya. Setidaknya  mengingatkan lagi, dulu pada era kolonial sudah seperti Kota Paris di pulau Jawa karena resik, dan  banyak tamannya. Sekarang, masa tak bisa mendekatinya, ya setidakyalah ..." tutupnya sambil tak lupa ia sampaikan selamat Hari Jadi ke-212 Kota Bandung  - “Bangkit Bersama untuk Bandung Juara.” (Harri Safiari & Tim)


Ketua DPRD Jabar H. Taufik Hidayat Apresiasi 'Kritisi' Kota Bandung - Setidaknya ... ‘Paris van Java’ Bangkit Bersama … Ketua DPRD Jabar H. Taufik Hidayat Apresiasi 'Kritisi' Kota Bandung - Setidaknya ... ‘Paris van Java’ Bangkit Bersama …  Reviewed by Harri Safiari on 04.48 Rating: 5

Tidak ada komentar