Gubernur Jabar di Peluncuran Buku 'Merah Putih di Atap Dunia': ‘Tolong Viralkan…’

 


Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil  (kiri) dalam konteks peluncuran buku 'Merah Putih di Atap Dunia' di GIM, Kota Bandung (11/5/2023) - Mengapresiasi kepeloporan langkah-langkah Wanadri dalam segala kegiatannya. teranyar ia menghimbau agar memviralkan pencapaian ini. (Foto:Harri Safiari).




Algivon -- Dalam kaitan mensyukuri kesuksesan Sang Saka Merah Putih  berkibar di berbagai puncak gunung tertinggi di tujuh benua, tim Indonesia 7 Summits Expedition, mengadakan peluncurkan buku bertajuk ‘Merah Putih di Atap Dunia; upaya menziarahi puncak tertinggi di tujuh benua’. Dalam hal ini Donny Rachmansyah selaku Litbang Wanadri menyatakan bahwa buku ini mencatat dan menggambarkan, aneka upaya yang telah dilakukan demi mencapai misi yang menurut banyak kalangan – “mustahil dicapa bangsa Indonesia yang tinggal di area tropisi”, ujarnya di Gedung Indonesia Menggugat, Kota Bandung, Jawa Barat pada Kamis, 11 Mei 2023.  

 

Masih kata Donny yang juga berkiprah sebagai editor kepala dari Buku Merah Putih di Atap Dunia ini, sejatinya sebagian besar naskah dari buku ini sudah rampung pada 2014. ”Namun terus disempurnakan hingga akhirnya di tempat yang sama pada 2010 lalu, digunakan untuk melepas ekspedisi 7 Summits ke nur Jabar

 

Lebih jauh kata Donny buku ini terbit tak sekedar sebagai catatan perjalanan yang bisa menjadi pengetahuan, namun juga sebagai saksi dari sebuah kebersamaan. "Seven Summits adalah sirkuit pendakian gunung dunia yang jadi ajang pembuktian keberhasilan seorang pendaki gunung. Sejak dicetuskan tahun 1985, ratusan orang dari berbagai belahan dunia telah berhasil melakukannya," terang Donny.

 

Disela peluncuran buku dan acara syukuran ini, dilakukan  penyerahan tongkat estafet ekspedisi dari ekpedisi 7 Summits, kepada tim Dayung Jelajah Nusantara: ekspedisi kayak laut Flores serta kepada tim Ekspedisi Alpine Trilogi.

 


Kata Ridwan Kamil

 

Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat dalamkesempatan ini menyatakan: “Menyambut baik peluncuran dokumentasi ini. Ini sebuah prestasi dunia, yaitu penaklukan tujuh puncak tertinggi di tujuh benua yang dilakukan oleh Wanadri.”

 

Harapan Ridwan Kamil, kisah dalam buku ini dapat menginspirasi masyarakat di tengah minimnya inspirasi saat ini. Salah satunya oleh media massa dengan memberitakan kehebatan enam warga Jabar yang mengibarkan bendera Merah Putih di tujuh puncak tertinggi di dunia.

 

 “Titip ke media tolong viralkan, beritakan kalau enam warga Jabar ini berhasil, yang lain juga pasti bisa,” pintanya dalam sambutan peluncuran buku yang inspiratif ini.

 

Lebih jauh menurut Ridwan Kamil, organisasi yang berdiri sejak tahun 1964 tersebut, dikenal selalu memberikan inspirasi dan kepeloporan  khususnya dalam mencintai alam.

 

 “Hidup yang terbaik adalah hidup yang memberikan inspirasi. Wanadri selalu terdepan menjadi pelopor di berbagai bidang, dengan rekor-rekor perintisan jalur mulai udara, laut maupun daratan,” tuturnya.

 

 

Semangat Bahari Indonesia



Peluncuran Ekspedisi Dayung Jelajah Nusantara di GIM, KOta Bandung, 11 Mei 2023 - Menggugah semangat bahari generasi muda Indonesia. (Foto: Harri Safiari).



 

Masih dalam kesempatan ini, Ketua Ekspedisi Dayung Jelajah Nusantara - Sea Kayak Ekspedition, Yoppi R Saragih, seakan mengingatkan kita bahwa Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia:, “ini fakta yang tak terbantahkan.”

 

Berdasarkan premis di atas, serta demi mengembalikan semangat bahari anak bangsa, Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung, WANADRI, berkolaborasi dengan Komunitas Budaya Rumah Nusantara, telah menggagas program Ekspedisi Berkelanjutan Jelajah Dayung Nusantara. Pelaksanaan ekspedisi akan ditandai oleh pengarungan pertama bertajuk ‘Flores Sea Kayak Expedition’.

 

"Ekspedisi yang diawaki oleh enam pendayung (tim Segara) dan empat tim pendukung (tim Nusa). Ini akan dilaksanakan pada bulan Agustus - September 2023 atau sekitar 45 - 50 hari. Jarak yang akan ditempuh 1.050 km, mendayung mengitari pulau Flores," terang Yoppi.

 

 

Sekali lagi kata Yoppi tujuan ekspedisi ini di antaranya, menegaskan dan mendalami kembali seni mendayung sebagai warisan budaya Nusantara, menegaskan pada masyarakat dunia bahwa Indonesia merupakan lokasi petualangan tropis terbaik. “salah satunya keindahan alam ada di pesisir dipulau Flores.”

 

Abah Landoeng

 



Ridwan Kamil Gubernur Jabar adalah salah satu murid Abah Landoeng (97) tatkala bertemu di GIM Kota Bandung (11/5/2023) - Abah Landoeng mengapresiasi upaya murid-muridnya dan siapapun itu, sejauh membuat prestasi yang menggugah bagi bangsa Indonesia utuk disejajarkan dengan bangsa-bangsa lain. (Kolase Foto: Harri Safiari).



Terselip di antara para tamu acara ini, Abah Landoeng (97) pensiunan guru ilmu pasti (IPA) yang penah mengajar di SMPN 2 dan 5 serta SMAN 3 dan SMAN 5 Kota Bandung, yang diakui oleh Ridwan Kamil tatkala bertemu di GIM (11/5/2023):”Ini Abah Landoeng adalah guru saya dan guru kita semua. Apa kabar Abah Landoeng hari ini?,” papar Ridwan Kamil di hadapan puluhan hadirin kala peluncuran buku ‘Merah Putih di Atap Dunia; upaya menziarahi puncak tertinggi di tujuh benua’.

 

Secara khusus Abah Landoeng kepada redaksi mengapresiasi upaya keras dan tanpa menyerah dari rekan-rekan yang sebagian di antaranya adalah murid-muridnya:”Abah sangat gembira para murid-murid ini, telah membuktikan kepada Indonesia dan dunia, kita ini bangsa yang tangguh. Ya, bangsa yang tanpa henti-hentinya mamu menaklukkan keanggunan dunia,” pungkasnya. (HS/rls).  

Gubernur Jabar di Peluncuran Buku 'Merah Putih di Atap Dunia': ‘Tolong Viralkan…’  Gubernur Jabar di Peluncuran Buku 'Merah Putih di Atap Dunia': ‘Tolong Viralkan…’ Reviewed by Harri Safiari on 12.46 Rating: 5

Tidak ada komentar