Introduction, Tjikopi Hidji Coffee Shop ala Vindy Dharma Adikusuma di Talagabodas Bandung - Hulu & Hilir

 


Ini dia Bung Vindy Dharma Adikusuma inisiator sekaligus owner Tjikopi Hidji Coffee Shop di Jalan   Talagabodas No. 75 Bandung - garapan kopi dari hulu hingga hilir yang siap saji, dan sempat terjadi di Paris, Perancis, malah.  (Foto: HS).


 


Algivon -- Usai trend pandemi Covid-19 melandai lonjakannya pada kuartal pertama 2022, di Bandung geliat ekonomi seakan muncul kembali. Salah satu indikatornya, muncul lagi tempat-tempat ‘nongkring’ baru di antara kawula muda. Selama 2 tahun terakhir ini aneka tempat 'nongkring' itu sempat tiarap. “Ya, Tjikopi Hidji Coffee Shop itu nama resminya, boleh dipanggil Tjikopi Hidji saja biar akrab di antara kita,” papar pengusaha muda pemilik kedai kopi ini yang bernama komplit Vindy Dharma Adikusuma.


Perbincangan singkat dengan Kang Vindy biasa akrab dirinya disapa, berlangsung pada akhir Juni (30/6/2022) di kedai Tjikopi Hidji yang berada tepat di belokan Jalan Talaga Bodas No. 75 Kota Bandung. “Kenapa ada kata hidji, dalam penamaan tjikopi ini? Tak lain ini bermakna melalui kopi, kita khususnya warga di daerah Pasundan sudah dipersatukan alias dihidjikeun oleh hidangan tjai kopi (minuman kopi – bhs Sunda). Sejak dulu kan kita sudah diakrabkan oleh kata-kata yang berkaitan dengan unsur utama hidangan kopi, atau opieun, ngopi bareng, warung kopi, dan semacamnya. Jadi melalui kopi kita ini 'dihidjikeun' alias seakan dipersatukan, tiada sekat-sekat lagi,” paparnya sambil mempersilahkan para awak media untuk mencicipi aneka minuman kopi yang serba khas, aduhai. 

 

Lebih jauh menurut Kang Vindy, salah satu varian produk kopinya (yellow bourbone) sebelum pandemi Covid-19 telah dikirim ke Kota Paris, Perancis untuk dihidangkan di beberapa cafe di sana, menyatakan Tjikopi Hidji ini khususnya di Talaga Bodas No. 75 Kota Bandung, memang baru sebulan berdiri. Namun, katanya sumber utama hidangan kopi yang bernuansa atau varian wine, honey, maupun natural, ini sudah cukup lama digarap sejak hulu via petaninya. So, katanya, garapan hulu-hilir Tjikopi Hidji terjadi dengan cukup cermat hingga menjadi produk siap saji.   

 

“Asalnya kopi dari Papandayan, Cibodas, dan Gunung Halu, tapi di sini disajikan dengan harga terjangkau, suasana hommy. Lainnya, di sini  juga jadi sentra para anggota komunitas, anak-anak muda kini ternyata ber-base camp di sini. Yang unik lagi, kami memproduksi mesin roasting sendiri yang punya banyak keunggulan,” papar Kang Vindy sambil membawa kami melihat-lihat secara langsung cara kerja mesin ini. 



Roastery Hariza alias Kang Ade (kiri) bersama Kang Vindy memperkenalkan keunggulan mesin roaster kopi yang bekerja bersarakan salah satunya - full infrared electro wave . (Foto: HS).


 

 

Mesin Roasting itu

 

 

Benar saja kami diperkenalkan kepada operator mesin roasting kopi atau lebih tepat sebagai roastery bernama Hariza atawa Kang Ade. Menurutnya mesin temuannya ini berkapasitas 5 – 10 Kg, bekerja dengan mekanisme full infrared electro wave,”jadi seperti micro wave, matang sampai ke dalam biji kopi secara merata. Juga ada kadar pengukur air di dalamnya,” kata Kang Ade sambil mendemokan cara kerjanya yang efesien dengan keluaran biji kopi yang matang sempurna.


Suasana dan nuasa vintage di dalam Tjikopi Hidji Coffee Shop (Foto:ig tjikopi hidji)

 


Ditanya soal harga mesin ini,”Pokoknya ini mesin roasting kopi yang banyak keunggulannya dibanding yag lain. Ini buatan anak bangsa dengan harga bersaing dan unggul dalam hal kinerja. Yang serius ya datang saja kesini atau kontak melalui medsos,” papar Kang Vindy yang diiyakan rekan kerjanya Kang Ade.  


All about Coffee

  

Nah, terakhir ini hal yang sedikit berbeda sekilas tentang Kang Vindy, katanya dalam waktu dekat akan membuka lahan khusus di daerah Cibodas Lembang Kabupaten Bandung:


“Wahana all about coffee mulai dari bagaimana menanam, memelihara, memanen, hingga mengolah, menghidangkan, plus arena pendidikan lingkungan bagi siapa saja, nanti insya Alloh satu atau dua tahun ke depan dibangun di sana. View dan suasananya, sungguh menjanjikan pokoknya,” terang Kang Vindy sambil tak lupa memperkenalkan aneka produk Tjikopi Hidji yang memang betul-betul berkelas.



Kawoela moeda petjinta aneka barang djadoel, semoea boleh 'nongkring' di Tjikopi Hidji Coffe Shop - tiada, sesiapa takoet?! (Foto :ig tjikopi hidji).



 Alhasil bagi para pembaca budiman, bila ada kesempatan, rekomendasi kami untuk kedai kopi yang buka setiap hari  10.00  - 22.00 WIB kecuali Selasa (libur).”Ya, Selasa kami istirahat sejenak. Diluar itu, kami full service matjam-matjam productie kopi boleh order langsung atau delivery via medsos untuk sekitar area Bandung,’ papar Asep Wahyudi selaku Manager Tjikopi Hidji, yang juga paham tentang hulu - hilir kopi. (Harri Safiari).

 


Introduction, Tjikopi Hidji Coffee Shop ala Vindy Dharma Adikusuma di Talagabodas Bandung - Hulu & Hilir  Introduction, Tjikopi Hidji Coffee Shop ala Vindy Dharma Adikusuma di Talagabodas Bandung - Hulu & Hilir Reviewed by Harri Safiari on 21.00 Rating: 5

Tidak ada komentar