Islamic Community Summit 2022 Digelar di Bandung, Syaamil Group: ‘Berjamaah Lebih Kuat’


 Konperensi Pers Islamic Community Summit 2022 di Grand Asrilia Hotel Convention & Restaurant, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Jawa Barat (12 - 13 Juli 2022) - Sebuah terobosan lahirnya rintisan kesatuan aneka komunitas Islam di Indonesia, akan digelar setiap tahun. (Foto:HS).

 

 

 

 

 

 

 

Algivon --  Kehadiran aneka komunitas Muslim yang punya peran penting dan strategis dalam kehidupan masyarakat dalam beberapa tahun ini, memunculkan paradigma baru, di antaranya keseimbangan antara dunia-akhirat dan kehidupan pribadi maupun keluarga – social. Begitupan muncul paradigm baru tentang keseimbangan antara ranah pribadi dan ranah umum. Intinya, terutama kaum milenial Muslim semakin menyadari pentingnya keseimbangan dalam kehidupan kita sehari-hari, di antaranya dalam ranah sosial, ekonomi, budaya, dan aspek lainnya.

 

Kondisi ini menginspirasi Syaamil Group melahirkan Islamic Community Summit (ICS) 2022, yang diselengarakan pada 12 – 13 Juli 2022 di Grand Asrilia Hotel Convention & Restaurant, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Jawa Barat.

 

Syahdan ICS 2022 mengusung tajuk ‘Berjamaah Lebih Kuat’, menargetkan seluruh komunitas yang tumbuh dalam dua atau tiga tahun terakhir bersatu padu. Saling berkomunikasi, berjejaring, bersinergi, dan menguatkan hingga pada akhirnya menciptakan efek yang lebih hebat bagi masyarakat.

Pada kesempatan konperensi pers di Grand Asrilia Hotel Convention & Restaurant itu  M. Kh. Rachman Ridhatullah representasi dari Syaamil Group, mengajak, komunitas Muslim supaya dapat mengambil peran dalam acara tersebut:

 

“Marilah para jagoan itu berkumpul di sini bak Avenger berkolaborasi tak sendiri-sendiri seperti biasa. Kesempatan ini akan menjadi agenda tahunan, dimulai di Bandung tahun ini,” ujar Rachman Ridhatullah yang sudah menggagasnya sejak 5 tahun lalu –“ Baru tahun ini bisa terwujud, kemarin kan 2 tahun terakhir kita diterpa pandemi Covid-19.”

 

Selain Rachman Ridhatullah dalam koperensi pers ini tampak Apud Safudin,Ketua Panitia; Ustadz Bakat Setiaji, Ketua Komunitas One Day One Juz; serta Mirawaty, Ketua Komunitas Hijaber Mom. Kepada para pegiat media semua narasumber yang hadir di konperensi pers kali ini bersepakat bahwa menghadapi jaman yang serba penuh tantangan dan perubahan:

“Kita harus berkolaborasi, saatnya kala kita berkumpul dalam summit meeting dewasa ini, harus dan bisa melahirkan sesuatu yang lebih berharga bagi peningkatan hidup, dimensinya dunia- akhirat dengan nilai plus berupa keseimbangan hidup kita di dunia ini,” terang Mirawaty yang diamini oleh nara sumber lainnya.

 

Sekedar info, dalam ICS 2022  ini pun diselenggarakan Lomba Video Kreatif Satu Menit “Berjamaan Lebih Kuat” dengan hadiah utama 1 buah laptop ASUS VivoBook dan hadiah total Rp109 juta. Jumlah peserta ICS 2022 menurut panitia ada sekitar 165 komunitas dari seluruh pelosok Nusantara yang berlangsung secara hybrid.  

 


Kata Ridwan Kamil Gubernur Jabar


 

Turut memberikan dorongan dan sambutan untuk penyelengaraan ICS 2022, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, telah memberikan kata sambutan langsung dari Gedung Pakuan, Kota Bandung sebelum ia dan keluarga berangkat ke Tanah Suci memenuhi undangan Kerajaan Arab Saudi, yang sekaligus sebagai Amirul Hajj rombongan haji Jawa Barat tahun 2022.

 

“Selamat untuk kegiatan Islamic Community Summit 2022 yang diselenggarakan pertama kali di Jawa Barat. Komunitas adalah bagian terpenting dalam membangun peradaban Indonesia,” ujarnya.

 

Komunitas, lanjut Ridwan Kamil, mesti penuh manfaat. Biasanya menjadi tempat berkumpul orang-orang yang memiliki satu kesamaan. Visi tersebut, menurutnya, akan menjadi luar biasa jika kita bersatu dalam kegiatan positif.

 

“Pengalaman saya, membangun komunitas itu tidak mudah. Perlu waktu dan kecintaan yang tentunya harus dihadirkan. Sekali lagi, selamat melaksanakan kegiatan,” lanjutnya sambil menambahkan - “Semoga summit ini menghasilkan hal-hal yang positif dan bermanfaat.”

  

ICS 2022 ini pada intinya, telah mengusung tiga bagian penting yakni sharing, bonding, dan networking. Sharing, adalah berbagi pengalaman dari tokoh-tokoh nasional dan pegiat komunitas. Bonding, momen kebersamaan agar saling mengenal dan menautkan hati. Paling akhir, networking tak lain saling berjejaring antar komunitas. (HS)

Islamic Community Summit 2022 Digelar di Bandung, Syaamil Group: ‘Berjamaah Lebih Kuat’  Islamic Community Summit 2022 Digelar di Bandung, Syaamil Group: ‘Berjamaah Lebih Kuat’ Reviewed by Harri Safiari on 16.13 Rating: 5

Tidak ada komentar