Kang TH Ketua DPRD Jabar Tanggapi Hari Peduli Sampah Nasional 2023: 3 R Maksimalkan !

 


by HNY 


 

 

Algivon - Hari ini, Selasa 21 Februari 2023, masyarakat Indonesia temasuk warga Jawa Barat memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Menurut Ketua DPRD Jabar Brigjen TNI (Purn.) Taufik Hidayat S.H., M.H., yang akrab disapa Kang TH:

 

“Semoga warga Jabar khususnya di segala tingkatan meningkatkan kembali kesadaran akan pengelolaan sampah, khususnya pada tingkat rumah tangga. Bukankah pada HPSN 2023 kali ini mengusung tema ‘Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat’, ini tema yang tepat,” ujarnya di ruang kerjanya di Jalan Diponegoro No. 27 Kota Bandung, Jawa Barat.

 

Masih kata Kang TH melalui Tema HPSN 2023, intinya kita akan menjawab salah satu permasalahan global, yakni perubahan iklim yang melanda dunia akhir-akhir ini. Menurutnya, fenomena perubahan iklim ini berdampak pada berbagai sisi kehidupan, seperti kesehatan, ketahanan pangan, dan ekosistem,:

 

“Ini mengancam keseimbangan ekosistem lingkungan maupun sumber daya yang terkandung di dalamnya. Ya, kehidupan kita pun lambat laun sudah terasa ancamannya. Paling dekat antara musim hujan dan musim kemarau, sudah tidak begitu jelas lagi. Tentu ini menyusahkan bagi petani di Jawa Barat dan Nusantara.  Misalnya, untukmenentukan musim tanam yang tepat, tak bisa seperti dulu lagi,” urainya.   

 

Dalam kaitan ini,menurut Kang TH ini momentum bagi pengelolaan sampah secara berkelanjutan, sekaligus memberikan dampak positif terhadap kontribusi upaya penurunan emisi gas rumah kaca. Di sektor pengelolaan sampah, kita telah menyepakati skema pengelolaan sampah berbasis 3R (reduce, reuse, recycle).

 

“Ayo  kita fokus pada pemanfaatan sampah 3 R, sebelum tahun 2025 seluruh TPA (Tempat Pembuangan Akhir – Red) di Indonesia ditiadakan. Nanti, mulai manfaatkan gas metannya, siapkah kita?” pungkasnya. (HS/Rls).   


Kang TH Ketua DPRD Jabar Tanggapi Hari Peduli Sampah Nasional 2023: 3 R Maksimalkan ! Kang TH Ketua DPRD Jabar Tanggapi Hari Peduli Sampah Nasional 2023: 3 R Maksimalkan !   Reviewed by Harri Safiari on 17.04 Rating: 5

Tidak ada komentar