Daddy Rohanandy Beberkan BIJB Kertajati Tak Kunjung Jadi Embarkasi Haji

 


Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Daddy Rohanandy - Akan kita dorong .... (Foto: Dok Ist).



Algivon – Diketahui, sejak tahun 2020 Kemenag telah menetapkan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kertajati, Majalengka sebagai salah satu embarkasi haji. Disayangkan, kebijakan ini hingga kini belum mewujud sesuai harapan.


Idealnya, melalui kebijakan ini jemaah haji Jawa Barat yang awalnya berangkat ke Arab Saudi dari Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, bisa terbang melalui BIJB Kertajati. Demikian juga saat pulang dari Arab Saudi, mereka dapat mendarat di BIJB Kertajati.


Diungkapkan Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Daddy Rohanandy, penyebab tak jalannya kebijakan pemerintah tersebut amatlah beragam. Salah satunya, ujar dia, karena belum lengkapnya fasilitas penunjang Bandara.


“Sebuah bandara Internasional yang bisa digunakan untuk embarkasi haji itu tak cukup hanya punya hanggar, landasan dan pemandu lalu lintas udara. Butuh ruang transit, asrama haji, hotel dan lain-lain,” ujar politisi Partai Gerindra di Ruang Komisi 4 DPRD Jabar, Jumat (19/8/2022).


“Sekarang kan anda semua bisa lihat sendiri seperti apa kelengkapan fasilitas penunjangnya,” lanjut Daddy.


Lagi kata Daddy, saat ini Bandara Kertajati belum memiliki depot pengisian bahan bakar pesawat yang memadai untuk mendukung penerbangan internasional.


“Jadi memang Kertajati belum bisa dijadikan embarkasi haji,” tandas anggota dewan yang pernah jadi redaktur di Majalah Ummat itu.


Dalam pandangan Daddy, hingga kini pemerintah pusat seolah tak sungguh-sungguh akan menjadikan Bandara Kertajati jadi sebuah bandara internasional yang representatif.

“Masalah utamanya goodwill pemerintah pusat. Kalau mau, pemerintah pusat bisa menyelesaikan Kertajati lebih cepat dari Kualanamu (bandara internasional di Sumut). Atau setidaknya bareng sama bandara baru di Yogyakarta (Yogyakarta Internasional Airport),” tuturnya.


Belum lagi, lanjut Daddy, akses menuju Bandar Kertajati masih terbatas mengingat hingga kini Tol Cisumdawu belum juga kelar. Menurutnya, warga Jawa Barat dari Garut, Bandung, Tasikmalaya dan Ciamis enggan menggunakan bandara Kertajati karena harus memutar dulu menggunakan Tol Cipali. Pun demikian, kata Daddy, warga Jawa Barat dari arah Cianjur, Sukabumi dan Bogor.


“Kalau Cisumdawu selesai, orang dari arah Bandung hanya butuh 1 jam lebih bisa sampai di bandara,” ungkapnya.


Menutup perjumpaan ini, Daddy masih menaruh asa, berharap pemerintah bisa segera melengkapi sarana penunjang BIJB, agar bandara kebanggan warga Jawa Barat itu bisa segera difungsikan sebagai embarkasi haji,“akan kita dorong terus,” tandasnya. (HS/jmsi)

Daddy Rohanandy Beberkan BIJB Kertajati Tak Kunjung Jadi Embarkasi Haji Daddy Rohanandy Beberkan BIJB Kertajati Tak Kunjung Jadi Embarkasi Haji Reviewed by Harri Safiari on 13.16 Rating: 5

Tidak ada komentar