KASAD Dudung Abdurachman Teken Katalog Lukisan Umar Sumarta: Menuju Pameran Guru Saya



Momen KASAD Jenderal Dududng Abdurachman menandatangani kata sambutan pada buku katalog karya pelukis 'kontemporer Indonesia' Umar Sumarta di Jakarta (6/8/2022). (Foto: Djen's Gallery).  

 

 


Algivon – Di tengah kesibukannya yang luar biasa akhirnya pada Sabtu malam (6/8/2022) kolektor lukisan Djen Himawan (62) untuk maestro pelukis kontemporer Umar Sumarta (74), diterima langsung oleh Jenderal Dudung Abdurachman, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) di rumah dinasnya di komplek perumahan perwira tinggi angkatan darat, Kuningan Jakarta.

 

“Terpenting malam itu, Pak Jenderal Dudung berkenan serta tampak antusias melihat buku katalog itu, lalu meneken kata sambutannya. Buku ini disusun demi melengkapi rencana pameran lukisan karya Umar Sumarta yang sedang dipersiapkan. Nah,  uniknya pelukis Umar Sumarta sendiri, tak lain salah satu guru Pak Jenderal Dudung tatkala bersekolah di SMP Kartika XIX -1 di Kota Bandung sekitar tahun 1980-an,” terang Djen Himawan kepada redaksi.

 

Lebih lanjut menurut Djen Himawan yang mengkoleksi di antaranya lukisan Umar Sumarta sejak lebih dari 25 tahun lalu, dan kini jumlahnya  lebih dari 200-an mulai dari karya lukisan lukisan berbagai dimensi di atas kanvas, termasuk puluhan monoprint yang langka yang digoreskan di atas kain, kertas, dan media lainnya.

 

“Di mata saya sangatlah menar, Pak Jenderal Dudung Abdurachman ini ketika diingatkan sosok Pak Umar Sumarta beberapa waktu lalu, langsung mengingatnya dengan detil. Karena inilah dua tokoh besar ini pernah dipertemukan. Kini keduanya seperti sahabat kental, tak lupa atas masa lalunya sebagai ‘guru – murid’ atau orang tua  -  anak. Rasanya, sangat menyejukkan menyelami persahabatan yang penuh rasa respek di antara keduanya, ”tutur Djen Himawan.  

 

“Bersyukur Pak Dududng memberikan dorongan menuju pameran karya Pak Umar Sumarta. Malam ini kami memperoleh tanda lebih formal ke arah menuju mewujudkan pameran ini,” tambah Djen Himawan yang diamini fotografer Rivansyah Dunda selaku salah satu tim penyusun buku katalog berjudul ‘Nuansa Mistis sang Jenius Umar Sumarta’ setebal 90 halaman full color, dan bilingual.

 

Kata Kurator & Kolektor

 

Secara terpisah redaksi mengontak salah satu kolektor lukisan karya Umar Sumarta di Kota Bandung Lukas Tan, namanya. Menurutnya, ia menyambut kabar gembira ini:

”Tak hanya bagi saya, pun kolektor lain karya Pak Umar Sumarta bila pameran ini terwujud, sangatlah positif. Paling tidak, ini ada penanda baru. Karena, karya Pak Umar sejak dulu era 1980-an banyak digelar dan dikoleksi oleh kolektor mancanegara Eropa, Amerika, Jepang, Singapura, dan Malaysia. Saatnya, ia seperti pulang kandanglah sekarang ini.”




Sampul katalog berisikan ratusan karya Umar Sumarta (74) dari tahun ke tahun hingga era 2022 (Foto Dok: Djen's Gallery)



 

Lainnya, kurator Eriyandi Budiman yang dalam katalog ini menukilkan sorotannya atas pelukis ‘Pablo Picasso Indonesia’ Umar Sumarta dengan judul ‘ The Power of Mysticism in Umar Sumarta’s Visual Narrative’, mengetahui ada progres ke arah wujud pameran ini:

 

“Semoga saja persiapan Pak Djen Himawan dan timnya selama ini, bisa mewujud dengan baik. Rasanya, forum untuk karya langka berkualitas internasional yang monumental dari Pak Umar perlu kita apresiasi dan dibuatkan lagi panggungnya, utamanya bagi generasi muda. Karya Pak Umar di mata saya dengan sudut mistis yang khas, mampu merekam keIndonesiaan dengan cara atau goresan yang dalam dan bermakna, serta penuh nuansa. Sejatinya, tiada duanya dari pelukis besar ini,” pungkasnya. (Harri Safiari).   


KASAD Dudung Abdurachman Teken Katalog Lukisan Umar Sumarta: Menuju Pameran Guru Saya KASAD Dudung Abdurachman Teken Katalog Lukisan Umar Sumarta: Menuju Pameran Guru Saya Reviewed by Harri Safiari on 14.45 Rating: 5

94 komentar

  1. sukses terus pak djen himawan dan pak Umar Sumarta...

    BalasHapus
  2. Semoga pak Jen Himawan dpt menampung para seniman jabar Selain pak Umar. Sukses selalu menyertaimu

    BalasHapus
  3. SUKSESS TRUS Om Djen Himawan

    BalasHapus
  4. Sukses terus dilancarkan niatan baiknya demi kemajuan seni di Indonesia pak Djen Himawan

    BalasHapus
  5. Sukses terus ko ojen

    BalasHapus
  6. Mantap... Sukses trs

    BalasHapus
  7. Bravo Ojen & Sukses Selalu 🙏🙏👌

    BalasHapus
  8. Sukses selalu ko odjen

    BalasHapus
  9. mantap, sukses terus berkarya tanpa henti👍👍

    BalasHapus
  10. Sukses terus oom djen terus berkarya

    BalasHapus
  11. Sukses trus ko Ojen …👍👍👍

    BalasHapus
  12. Sukses selalu buat om Djen

    BalasHapus
  13. Sukses selalu Bapak Ojen Lukisannya Keren2.

    BalasHapus
  14. Lukisannya Keren2 Sukses Bapak Ojen

    BalasHapus
  15. Semoga sukses selalu pak ojen

    BalasHapus
  16. Karya Dan Menghargai Karya
    Trus Diaplikasikan...kerenn

    Suks3s

    BalasHapus
  17. Sukses terus buat om djen himawan dan pak umar sumarta... Semangat terus untuk membuat karya karya lukisan nya 👍👍👍💪💪💪

    BalasHapus
  18. Sukses bro odjen terus berkarya di bidang seni

    BalasHapus
  19. Semakin sukses yah ko Ojen , semoga karya2nya semakin dikenal sampai ke mancanegara. Semangat Ko Ojen

    BalasHapus
  20. Sukses selalu Ko Ojen & Pak Umar..

    BalasHapus
  21. Terus berkarya dan semoga sukses selalu


    BalasHapus
  22. Sukses terus ya ko odjen🙏🙏🙏

    BalasHapus
  23. Mantap dan sukses selalu
    Djen Himawan

    BalasHapus
  24. Luar biasa, tetap semangat brother

    BalasHapus
  25. Sukses, mantab pak besarkan karya anak negeri..

    BalasHapus
  26. Terus berkarya.. dan sukses selalu

    BalasHapus
  27. Sukses terus Juragan Ojen..

    BalasHapus
  28. Mantap keren!! Sukses terus!!

    BalasHapus
  29. Sukses terus Bro Odjen

    BalasHapus
  30. Sukses slslu pak Ojen

    BalasHapus
  31. Berkah dan sukses selalu Pak Djen dan Pak Umar 💪🏼JAYA

    BalasHapus
  32. semoga sukses terus untuk pa KASAD dan semoga di lancarkan peluncuran katalog untuk pameran nya ..sukses terus pa djen Himawan..semangattt

    BalasHapus
  33. Sangatlah terhormat sebagai kolektor seni ternama bp Odjen Himawan (62) serta sang maestro seni kontenporer yg sudah tidak diragukan lagi hasil karyanya Umar Sumarta (74) mendapat dukungan penuh dari bp Djendral Dudung AR yg saat ini menjabat KASAD, dimana beliau yg di tengah kesibukannya dan padat akan jadwalnya sebaga KASAD namun bp Djendral Dudung AR peduli terhadap karya2 anak Bangsa,ini terbukti dimana bp Djendral Dudung AR mau menerima sang kolektor ternama Djen Himawan beserta rekan2nya di kediaman rumah dinasnya di komplek perumahan pati di jln kuningan Jakarta untuk menuliskan kata sambutan serta menandatangi katalog dan sangat mendukung penuh perihal diadakanya pameran lukisan karya sang maestro Umar Sumarta dimana Bp Odjen Himawan sang kolektor seni sebagai motor pengeraknya, kesatuan , persatuan juga keamanan bahkan mengangkat hasil karya seni anak Bangsa bp Djendral Dudung AR yg saat ini menjabat sebagai KASAD sangatlah peduli terhahap rakyat Indonesia inilah yg disebut manunggalnya ABRI bersama rakyat...kami sebagai rakyat Indonesia mendoakan semoga bp Djendral Dudung AR atau bp KASAD bs terus melindungi rakyat Indonesia tetap tentram dan damai jg bp Djendral Dudung AR beserta keluarga selalu dalam lindungan Alloh swt...untuk bp Odjen Himawa sy ucapkan semoga sukses dalam segala hal terutama dalam menggelar pameran lukisan karya sang maestro Umar Sumarta Aamiin...SALAM SUKSES Kang Acep Surabaya....

    BalasHapus
  34. bagus ini jadi terdokumentasi dengan baik sehingga masyarakat bisa tau karya-karya yang dibuat sang maestro kita pak umar..bangga saya sebagai warga jawa barat memiliki maestro seperti pak umar.

    BalasHapus
  35. sukses terus Om Odjen, hebat sekali 👍🏻👍🏻

    BalasHapus
  36. Mantap pak odjen tetap semangat sukses selalu, Aamiin

    BalasHapus
  37. Sukses terus koh..mantap

    BalasHapus
  38. Semangat pak Odjen....semoga lancar dan sukses 🙏

    BalasHapus
  39. Mantap Ko Ojen. Sukses terus dan tetap semangat yah. God bless

    BalasHapus
  40. sukses terus om ojen! dont give up, tetap semangat! GBU

    BalasHapus
  41. Luar biasa.......
    Sucses selalu pa Umar dgn karya2 nya

    BalasHapus
  42. Kereen buat Bpk odjen bisa menggangkat karya lukis Bpk umar sumarta luar dan luar biasa dapat menyembuhkan tali silaturahim murid dengan gurunya the best buat pak odjen

    BalasHapus
  43. Luar biasa ln nya s as ngat bagis

    BalasHapus
  44. Mantap 'Ko Odjen bersama 'Pa Umar, sukses selalu untuk proses pembuatan katalog dan pameran nya.. Nanti kalo sudah jadi saya dibagi satu ya katalog nya.. :D Tuhan memberkati setiap usaha 'Ko Odjen, Amin..

    BalasHapus
  45. Sukses terus om djen... Semoga ini salah satu cara agar seniman2 indonesia semakin di hargai dan diakui maha karya nya

    BalasHapus
  46. Mantap ko Ojen... Semoga
    sukses & berkarya terus.

    BalasHapus
  47. Sukses selalu ya ko Odjen, mantap

    BalasHapus
  48. Sukses terus buat Koh Djen

    BalasHapus
  49. Sukses selalu untuk pa Djen semoga apa yang dicita citakan berhasil

    BalasHapus
  50. sukses pa ojen…maju terus👍👍👍..semoga lancar selalu

    BalasHapus
  51. Mantap sekali terus berkarya selamat dan sukses dalam perjalana lebih
    Maju lagi Amin

    BalasHapus
  52. Mantan ko ojen.. Makin suksesss yah ko

    BalasHapus
  53. mantap banget,sukses terus buat ko ojen

    BalasHapus
  54. Terus berkarya pa Umar ,panuttan kami pa Dudung ,sukses buat pa Ojen

    BalasHapus
  55. Semangat terus om odjen! 😃

    BalasHapus
  56. Sukses selalu ko Ojen

    BalasHapus
  57. Sukses selalu pak Djen Himawan & pak Umar Sumarta semoga karya2 nya bisa memberikan kontribusi lebih banyak di bidang karya seni lukis di Indonesia khusus nya dan dunia pada umum nya...Bravo....👍👍

    BalasHapus
  58. Mantap. Semoga dapat terwujud pameran yang fenomenal

    BalasHapus
  59. Bravo Pak Djen Himawan dan Pak Umar Sumarta, berkaryalah terus dan sukses selalu

    BalasHapus
  60. Bro ojen memang keren uyyy💪🙏

    BalasHapus
  61. Mantappppp salam sukses selalu 🤟

    BalasHapus
  62. Mantap djen himawan

    BalasHapus
  63. Selamat berkarya ... Semoga tambah sukses

    BalasHapus
  64. Luar biasa pak Odjen bisa berkoraborasi dgn seniman pam Umar ..semoga karya karya nya mangkin banyak disukai para kolektor....sekses selalau

    BalasHapus
  65. Djono kartasasmiita10 Agustus 2022 pukul 09.41

    Selamat berkarya terus

    BalasHapus
  66. Djono kartasasmiita10 Agustus 2022 pukul 09.42

    Selamat terus berkarya ... Semoga tambah sukses

    BalasHapus
  67. Mantap bang salalu sukses

    BalasHapus
  68. Sukses trus pak dudung dan sehat selalu Aamiin

    BalasHapus
  69. Selamat ya ..Terus berkarya dan sukses selalu Ko Djen H dan Pak Umar .. Amin

    BalasHapus
  70. Good Best 👍👍👍

    BalasHapus
  71. Aminnn sukses selalu buat Om ojen

    BalasHapus
  72. Mantap...sukses selalu...

    BalasHapus
  73. Proficiate Pak Umar Sumarta, masih produktif di usia senja...

    BalasHapus
  74. Sukses selalu ko ojen maju terus

    BalasHapus
  75. Balasan
    1. Mantappppp
      Semangat terus,,,,
      Semoga sukses terussss.

      Hapus
  76. Mantap Betul Pak Djen Himawan ... GBU

    BalasHapus
  77. Selamat dan sukses bro 👍

    BalasHapus
  78. SALAM SUKSES.....untuk bp Odjen Himawan sang kolektor seni jg pa Umar Sumarta sang maestro seni kontenporer yg namanya cukup banyak dikenal di para pecinta seni Indonesia untuk menggelar pameran seni yg didukung oleh bp KASAD Djendral Dudung AR,...semoga dengan diadakan pameran hasil karya seni sang maestro Umar Sumarta oleh sang kolektor seni Pa Odjen Himawan sukses membawa hasil karya anak Bangsa ke tingkat Dunia dan banyak di minati kolektor2 berkelas Internasional.....Aamiin....

    BalasHapus
  79. Salam sukses sll.....untuk pa Odjen Himawan mau mengadakan pameran hasil karya bp Umar Sumarta sang maestro seni kontenporer,semoga hasil karya bp Umar Sumarta banyak diminati oleh kolektor2 Internasional,.....Aamiin...salalam sukkses dari Drg Sharah R Sby....

    BalasHapus
  80. Selamat & sukses buat BP. Djen himawan

    BalasHapus
  81. Sukses terus ya bpk

    BalasHapus