Peringati HUT RI ke-77, Tim Ekspedisi SKPIE Bentangkan Sang Saka di Puncak Gunung Agung: NKRI & Tri Hita Kirana Menggema ...


Edison Ketua Ketua Tim Siliwangi Ksatria Perkasa Indonesia Emas (SKPIE) di puncak Gunung Agung Bali pada 17 Agustus 2022 (Foto: Ist).




Algivon – Masih dalam kaitan detik detik Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI ke -77, Tim Ekspedisi Siliwangi Ksatria Perkasa Indonesia Emas (SKPIE), yang mengusung ‘Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita’ sukses membentangkan Sang Saka Merah Putih sepanjang 77 meter beserta Pengibaran Panji Panji Organisasi pada 17 Agustus 2022 di ketinggian 3.031 mdpl, tepatnya di Puncak Gunung Agung di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali.

 

Dalam ingatan kita, salah satu kisah menarik tentang Gunung Agung, ia pernah menghebohkan dunia pada tahun 1963. Saat itu Gunung Agung memuntahkan laharnya, lalu sempat membuat suhu bumi menurun secara drastis. Erupsi tersebut membawa lava pijar dan kolam api yang mencapai ketinggian 10 km di atas kawah. Akibat dari letusan Gunung Agung pada tahun 1963, menelan banyak korban, total 1.444 orang dengan 1.148 orang meninggal dunia, sisanya mengalami luka-luka. Selain itu, abu dari letusan tersebar ke arah barat dan menutupi bandara di Jawa Timur hingga hujan abu halus mencapai Jakarta.

 

Kembali ke Tim Ekspedisi SKPIE, usai membentangkan bendera Merah Putih di Puncak Gunung Agung, berlanjut terjadi penandatanganan Deklarasi Gunung Agung oleh Ketua Tim SKPIE, Edison didampingi Ketua Yayasan Ugrasena Membangun Dharma Putra.

 

Darma Putra pada kesempatan itu, menyampaikan maksud dari Deklarasi ini, yakni bertekad menjaga dan menggemakan keutuhan NKRI melalui konsep Tri Hita Karana. Secara leksikal Tri Hita Karana berarti tiga penyebab kesejahteraan. (Tri = tiga, Hita = sejahtera, Karana = penyebab). Pada hakikatnya Tri Hita Karana mengandung pengertian tiga penyebab kesejahteraan, yang bersumber dari keharmonisan hubungan antara Manusia dengan Tuhannya, Manusia dengan alam lingkungannya, dan Manusia dengan sesamanya.



Ada Siliwangi di Gunung Agung, Bali ...




Darma Putra berharap dengan menerapkan Tri Hita Karana secara mantap, kreatif dan dinamis akan terwujudlah kehidupan harmonis yang meliputi pembangunan manusia seutuhnya yang astiti bakti terhadap Tuhan Yang Maha Esa, cinta kepada kelestarian lingkungan serta rukun dan damai dengan sesamanya.

 

Apresiasi

 

Sementara itu, Edison yang juga dikenal selaku Pimpinan Siliwangi News mengapresiasi kepada keluarga Besar Gugus Kebangsaan Provinsi Bali atas terlaksananya kegiatan ini khususnya kepada Manajemen MPB, dan Keluarga Besar IKA Menwa Seroja Timor  Timur  Wilayah Bali, Korps Menwa, dan juga Direktur Persaudaraan shifu KungFu Nusantara Mat Sifu dan Tim pemandu.

 

Gugus Kebangsaan ini diinisiasi oleh 4 Organisasi yakni DHD Angkatan 45 Provinsi Bali, Korps Menwa Indonesia Provinsi Bali, Monumen Perjuangan Bangsal, Gerakan Nasional Pembudayaan Pancasila. Hingga kini, telah terhimpun 36 elemen dari berbagai unsur organisasi maupun satuan wirausaha.

 

Perjuangan & Pengorbanan

 

Pada kesempatan tersebut, Kasmen Korps Ugracena Mumtazah Mardliyah, S.Ked merasa bangga bisa ikut terlibat dalam momen bersejarah ini. Kegiatan ini untuk mengenang jasa-jasa pahlawan bangsa dan menyampaikan kepada generasi muda bahwa kemerdekaan negara bukanlah hadiah dari bangsa lain atau didapatkan dengan mudah melainkan dengan penuh perjuangan dan pengorbanan.

 

Kegiatan ini disimbolkan dengan perjalanan penuh tantangan menuju puncak gunung untuk dapat membentangkan Sang Saka Merah Putih di puncak tertinggi di Bali. Mumtazah berharap jiwa dan semangat kebangsaan tumbuh dalam diri generasi muda dalam kegiatan ini.

 


Sang Saka 77 meter ....






Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan serangkaian dalam rangka memeriahkan peringatan 77 Tahun Puncak Pertemuan Rahasia Bawah Tanah Perang Kemerdekaan RI di Kawasan Monumen Perjuangan Bangsal, HUT Ke 58 Menwa Ugracena, dan HUT ke 4 Media Atnews.

 

Akses Jalan …

 

Sekedar info, sebelum pendakian Sekretaris Gugus Kebangsaan Provinsi Bali Bagus Ngurah Rai yang juga Manajemen MPB, sempat memimpin doa bersama seluruh tim ekspedisi SKPIE di Puragai Redang. Saat itu, nampak hadir Sekum Korps Menwa Indonesia Prov Bali Dharma Putra, Ketua Korps Menwa Badung Putu Krisna ,Kasmen Mumtazah, Danyon Menwa Ugrasena A-901/MJ Unud. Sekar Langit, Pengurus KMI Bali, Bambang W, dan Bunda Kusumawati Sumantra, serta Dayu Sribakti beserta relawan.

 

Perlu diketahui bersama, akses jalan warga menuju jalur pendakian ke Gunung Agung, tepatnya di Banjar Puragai, Desa Pempatan, Kec. Rendang, Karangsem kondisinya amatlah memprihatinkan.

 

Di sini, kondisi jalan itu tampak membahayakan terutama bagi bagi pengendara, penyebabnya karena masih berkrikil, belum diaspal pemerintah. Team Ekspedisi SKPIE berahap, semoga Pemerintah setempat segera membanguan jalan yang memadai, karena inilah salah satu jalur naik ke puncak Gunung Agung bagi masyarakat. (HS/Siliwangi News)


Peringati HUT RI ke-77, Tim Ekspedisi SKPIE Bentangkan Sang Saka di Puncak Gunung Agung: NKRI & Tri Hita Kirana Menggema ... Peringati HUT RI ke-77, Tim Ekspedisi SKPIE Bentangkan Sang Saka di Puncak Gunung Agung: NKRI & Tri Hita Kirana Menggema ...   Reviewed by Harri Safiari on 23.29 Rating: 5

Tidak ada komentar