Lintas Komunitas 'Pancasila - Merah Putih' Kunjungi Ponpes Rahmat Lil Alamin, Nagrak Darangdan Purwakarta - Rayakan HUT RI ke-77




Penerimaan tamu Lintas Komunitas 'Pancasila - Merah Putih' yang unik di Ponpes Lil Alamin - SMK Nagrak Darangdan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat (24/8/2022) - (Foto Dok Ist). 







Algivon -- Ada yang tak biasa dan unik, satu bis penuh ibu-ibu lintas komunitas asal Kota Bandung, di antaranya ABCD (Aliansi Bandung Cinta Damai), Kusalamitra, dan Mawas Center, pada Rabu pagi, 24 Agustus 2022 menyambangi Pondok Pesantren (Ponpes) Lil Alamin - SMK (Boarding School) Nagrak di Darangdan Kabupaten Purwakarta.

"Sudah kami rencanakan jauh-jauh hari mengunjungi Ponpes Lil Alamin ini, tajuknya 'Merdeka itu, Melebur bersama Pancasila dan Merah Putih'. Spontan saja kami ini, setelah melihat fenomena peresapan nilai-nilai kebangsaan kita pada generasi muda, rasanya harus diperkuat lagi dengan cara tersendiri,"papar Tonny Ellen selaku koordinator kegiatan yang diamini rekannya Ranny Hardiani, Ocha, Vero dan lainnya.



Kolaborasi lintas komunitas 'Pancasila - Merah Putih' berpose bersama - Refreshing nilai-nilai kebangsaan agar tidak luntur dan dimakan jaman. (Foto: Dok Ist).





Rangkaian acara pagi hari itu di halaman utama hingga aula  Ponpes Rahmat Lil Alamin - SMK Nagrak yang memiliki ratusan siswa, saat dilakukan seremoni penerimaan stamu sempat diramaikan oleh upacara tradisional selamat datang tari lengser. Uniknya, para emak lintas komunitas ini hari itu meresponnya dengan khas yang kebetulan berbusana tradisi Nusantara. 


"Acara ini sangat berkesan, ini kolaborasi manis dari keharmonisan Ponpes dan SMK yang apa adanya yang dikelilingi kehijauan perbukitan desa Nagrak, dipadu para ibu yang berbusana ala Nusantara. Terus kata murid-murid di sini juga mereka sangat senang," papar Yana Prasetya Kepala Sekolah SMK Nagrak selaku tuan rumah pertemuan kali ini yang mewakili Ustad Asep Rahmat pengelola Ponpes ini.
 

Dalam kunjungan ini pemateri yang merefreshing pemaknaan Pancasila & Merah Putih oleh para relawan dan pensiunan dosen PTN antara lain hadir Teriska, Ati Basuki, dan aktivis kebangsaan Furqan AMC yang kini aktif juga di DPP PSI. 

"Saya tidak menyangka respon dari para sisiwa ponpes maupun SMK Nagrak di sini tentang materi game Pancasila dan Merah Putih yang kami bawakan secara bergantian, direspon baik dan penuh suka cita," papar Teriska yang diamini pemateri lainnya. 


Rutin & Solusi Singkong 


Redaksi secara random sempat melakukan jajag pendapat tentang kehadiran  emak-emak lintas komunitas ini dengan berbagai aktivitasnya di Ponpes ini, di antaranya Sopian selaku Pengurus Ponpes Lil Alamin, menyatakan ketertarikan bila perlu dilakukan secara rutin. Begitu pun Yusi Yuliati selaku Ketua RW setempat merasa tertarik dengan tawaran dari tamunya:



Rombongan dalam bus selama perjalanan ke tujuan di Purwakarta, selalu riang gembira . (Foto: Dok Ist),




"Tadi itu para ibu-ibu dari Lintas Komunitas ini menawarkan solusi untuk mengolah tanaman singkong. Kalau sedang panen, harganya jatuh sekali. kalau ada mesin pengolah yang praktis dan cara olahan yang baru, kami bersedia mengikutinya. Minta dilatih, agar ibu-ibu di Nagrak bisa diberdayakan," ucapnya.


Sementara itu dari tuan rumah lainnya seperti Dede Yulianto Sekdes Nagrak, dan Serma Aming Martono Babinsa Desa Nagrak menyatakan pendapat hampir senada, yakni menerima kehadiran tamunya - Katanya, tamu yang istimewa ini datang mencerahkan, utamanya karena me-refreshing pemaknaan nilai-nilai kebangsaan dengan lengkap dan terkini. (Harri Safiari)

Lintas Komunitas 'Pancasila - Merah Putih' Kunjungi Ponpes Rahmat Lil Alamin, Nagrak Darangdan Purwakarta - Rayakan HUT RI ke-77 Lintas Komunitas 'Pancasila - Merah Putih' Kunjungi Ponpes Rahmat Lil Alamin, Nagrak Darangdan Purwakarta - Rayakan HUT RI ke-77 Reviewed by Harri Safiari on 18.01 Rating: 5

Tidak ada komentar