Error Aplikasi Bansos, DPD PSI Kota Bandung Audiensi dengan Dinsos - Ini 3 Langkah Pengecekannya ...



Juru Bicara Bidang Sosial DPD PSI Kota Bandung, Andra Wahyu Hartawanti (kanan) - segera lakukan 3 langkah pengecekan Bansos BBM yang error.  (Foto: Ist).

 



Algivon – Kita tahu, Bansos BBM tahap pertama sudah dicairkan oleh Pemerintah pada September 2022, dan saat ini Pemerintah sedang bersiap mencairkan Bansos BBM tahap dua pada November 2022. Lalu, bagaimana kabar lanjutannya? 

 

Berdasarkan laporan dari masyarakat dan hasil pemantauan kader-kader PSI di Kota Bandung, ternyata masih banyak pembagian Bansos yang belum tepat sasaran.

 

Juru Bicara Bidang Sosial DPD PSI Kota Bandung, Andra Wahyu Hartawanti kepada para awak media, Senin, (7/11/2022), di Bandung mengatakan, masyarakat dapat mengawal pembagian Bansos BBM melalui aplikasi Cek Bansos, "Tapi sayang ternyata aplikasi Cek Bansos error alias tidak dapat dibuka entah sampai kapan," ungkapnya.

 

Menindaklanjuti hal tersebut, beberapa waktu lalu Andra Wahyu Hartawanti melakukan audiensi dengan pihak Dinasa Sosial (Dinsos) Kota Bandung yang diwakili Plt Kabid Data Dinsos Kota Bandung, Gilang.



(Foto: Ist).

 


Seusai bertemu dengan perwakilan Dinsos Kota Bandung, Andra Wahyu Hartawanti mengajak masyarakat  untuk berperan aktif menyeleksi siapa-siapa saja penerima Bansos yang sudah tidak sesuai dengan kriteria.

 

"Misalnya penerima Bansos sudah meninggal, sudah pindah alamat, atau bahkan tidak memenuhi kriteria sebagai masyarakat miskin," kata Andra Wahyu Hartawanti.

 

"Hal ini berkaitan dengan keterbatasan kuota Bansos yang dicairkan, jadi kita tidak hanya mengajukan nama-nama yang layak menerima Bansos, tapi kita juga mengajukan nama-nama yang sudah tidak layak lagi menerima Bansos," ujar Andra Wahyu Hartawanti.

 

"Nama-nama tersebut dapat diajukan ke Kelurahan setempat untuk sama-sama didiskusikan dalam Musyawarah Kelurahan," ujar Andra Wahyu Hartawanti.

 

Tiga Langkah Pengecekan …

 

Lebih lanjut Andra Wahyu Hartawanti menyampaikan beberapa langkah-langkah pengecekan, yang dapat dilakukan saat masyarakat mendapati ketidaksesuaian pencairan Bansos.

 

Andra Wahyu Hartawanti menjelaskan, pertama, cek NIK yang bersangkutan di  http://Cekbansos.kemensos go.id .

 

Kedua, jika nama ditemukan sebagai penerima Bansos tapi tidak menerima, maka dapat ditanyakan kepada pihak Kelurahan, karena kemungkinan besar hal ini berkaitan dengan keterbatasan kuota.

 

Ketiga jika nama tidak ditemukan, padahal sudah terdaftar di DTKS, maka dapat di cek ke kelurahan apakah yang  bersangkutan sudah terdaftar di e-KTP.

 

"Setelah ditemukan permasalahannya, tinggal dilanjutkan proses pengajuan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," pungkas Andra Wahyu Hartawanti. (HS/Rls)


Error Aplikasi Bansos, DPD PSI Kota Bandung Audiensi dengan Dinsos - Ini 3 Langkah Pengecekannya ... Error Aplikasi Bansos, DPD PSI Kota Bandung Audiensi dengan Dinsos - Ini 3 Langkah Pengecekannya ... Reviewed by Harri Safiari on 08.46 Rating: 5

Tidak ada komentar