PT Perorangan Buka Rekening Koran, CS Bank: Nanti Kami Hubungi ...



Kantor pusat Bank bjb di Kawasan Braga Kota Bandung (Foto: Ist). 




Algivon – Kini pemerintah sedang gencar-gencarnya menggerakan UMKM (Usaha Mikro Kecil & Menengah). Pelaku pelaku usaha ini terbukti memiliki peran yang sangat penting. Perannya menyangkut pengembangan perekonomian Indonesia, termasuk ASEAN. Hal ini tidak terlepas dari fakta banyaknya pelaku UMKM yang ada di kawasan tersebut, yakni sekitar 90 persen, yang mana di Indonesia memiliki 65 juta pelaku UMKM.

 

Seiring upaya pendirian Perseroan Terbatas (PT) Perorangan. Prasyarat utama di antaranya setelah aspek legal terpenuhi, pemilik PT Perorangan harus membuka rekening koran di Bank plat merah. Salah satunya Bank Rakyat Indonesia. Hal ini terbit sesuai aturan pendirian PT Perorangan. Tak hanya BRI, Bank Nasional Indonesia (BNI) juga termasuk bank yang ditunjuk Pemerintah sebagai penerima dana rekening koran PT Perorangan.

 

 

BPD, Partisipasinya Mana?

 

 

Ada fakta yang patut disayangkan, Pemerintah Daerah khususnya Pemprov Jawa Barat (Jabar) tidak bisa memanfaatkan peluang ini. Misalnya melalui Bank Pembangunan Daerah seperti Bank Jawa Barat (bjb). Baru-baru ini, beberapa pelaku usaha daerah yang sudah memiliki legalitas PT Perorangan tidak terfasilitasi sesuai peluang tersebut. Padahal banyak sekali para pelaku usaha baru yang sudah punya legalitas PT Perorangan tersebut.

 

Ini dialami salah satu pelaku usaha di Bandung yang bernama Akbar. Ketika hendak membuka rekening koran PT Perorangan, ia mengunjungi Bank bjb   Tiba di Kantor Pusat Bank BJB di Jalan Naripan Bandung pada (27/9/2022) ia menanyakan layanan pembukaan  rekening Koran PT Perorangan? Ternyata Bank bjb tidak bisa melayani permintaan tersebut. "Sangat disayangkan, bagusnya Bank BJB bisa menangkap peluang ini. Karena banyak pelaku usaha yang punya legalitas PT Perorangan".

 

Menjawab permintaan tersebut, Customer Service (CS) Bank bjb yang melayani Akbar menerangkan bahwasanya layanan tersebut belum ada."Terimakasih sudah datang untuk itu, kami akan sampaikan ke divisi terkait nanti akan kami hubungi kembali", ujar CS Bank bjb tersebut.Namun hingga saat ini belum ada jawaban untuk layanan pembukaan rekening koran PT Perorangan tersebut.

 


4000 UMKM Juara Jawa Barat


 

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Kusmana Hartadji menuturkan Jawa Barat menargetkan 4.000 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tergabung dalam Program UMKM Juara selama tahun 2022."Target hingga 2022 ada 4.000 pelaku UMKM Juara. Realisasi hingga 2021 sebanyak 3.500 UMKM. Tahun 2022 ada 500 peserta UMKM Juara," kata Kusmana Hartadji di Bandung beberapa waktu lalu.

 

Dari 4000 UMKM yang terdaftar pada UMKM Juara Jawa Barat, Jumlah usaha mikro yang naik kelas menjadi usaha kecil bertambah 15,5 persen, dan usaha kecil yang naik kelas menjadi usaha menengah bertambah 6,5 persen. Sedangkan UMKM yang onboarding ke pasar digital naik sebesar 75,05 persen.

 

Pembuatan rekening koran PT Perorangan adalah sebuah peluang. Ini juga peluang bagi Bank Pembangunan Daerah seperti Bank bjb, ternyata ia tak mampu  menangkap peluang tersebut? (HS/RD)

PT Perorangan Buka Rekening Koran, CS Bank: Nanti Kami Hubungi ... PT Perorangan Buka Rekening Koran, CS Bank: Nanti Kami Hubungi ... Reviewed by Harri Safiari on 18.48 Rating: 5

Tidak ada komentar