Marcomm Avanzel Hotel& Convention Sambangi C59 - Great People, Rintis Kolaborasi



Sonia Persia Mamesah, Marcomm Excecutive dari Avenzel Hotel & Convention (tengah) di antara tuan rumah C59 - Great People di Jl. Merak No2 Kota Bandung (3/11/2022) -  Merintis untuk berkolaborasi. (Foto: Ist.)


 


 

Algivon -- Adalah Marcomm Excecutive dari Avenzel Hotel & Convention, Sonia Persia Mamesah, yang berbasis di Jatisampurna, Cibubur, Bekasi City, West Java, melakukan kunjungan rintisan kolaborasi media ke C59 - Great People di Jalan Merak No.2 Bandung (3/11/2022).


Semula yang dikontak oleh Sonia Persia dalam kunjungan ini ke Sekretariat C59 - Great People, adalah Achmad Ariesmen. Diketahui, Achmad Ariesmen sang jurnalis yang berasal dari Betawi ini, dan sehari-hari salah satunya, kini menggawangi media online tandabaca.id, telah cukup mengenal tamunya. 

 

Kepada redaksi, Achmad Ariesmen menceritakan sedikit keheranan menebak kesan pertama kepada tamunya, tatkala ia hadir di Sekretariat C59 - Great People. "Namun setelah dijelaskan sosok dari trend media online dewasa kini, yang serba simple kantor fisiknya. Terpenting, harus tampil menyapa pembaca atau pemirsa secara segmented, bahkan sedikit 'garang' dan berwibawa namun memikat di dunia maya. Dengan catatan tak memuat hoax, selalu berimbang, dan bertanggung-jawab," jelas Achmad Ariesmen tanpa bermaksud berpromosi.

 

"Perlahan tamu saya ini, langsung memahaminya. Bukankah kini, dunia itu dalam genggaman?" tambah Achmad Ariesmen.

 

Dijelaskan Achmad Ariesmen kepada tamunya, kin ada beberapa media yang berkantor di Jalan Merak No.2 sebagai media penggerak  C59 - Great People. Tercatat di antaranya tandabaca.id, tweetup.id, obyektika.com, republikan.com, destinasianews.com, algivon.com, dan bandungklik.com, dan Bandungside.com.

 

"Kami sejak beberapa bulan lalu di tahun 2022, berkolaborasi dengan Mas Wiwied 'Marius Widyarto' perintis ekonomi kreatif dunia perkaosan sejak era 80-an di Bandung. Pokoknya, sudah terwujud beberapa program di antara kami," jelas Ariesmen.

 


Paham Alias Mengerti ...

 


Alhasil, tamu khusus Sonia Persia usai memahami sekilas penjelasan dari Achmad Ariesmen yang biasa disapa Aries, tentang kinerja media online, ia tampak memahaminya.

 

Ariesmen kala itu menjelaskan prinsip yang berbeda dengan profesi non jurnalis yang kini marak, terkadang mereka seolah-olah berlagak bak jurnalis atau wartawan profesional:

 

“Pada dasarnya, wartawan itu terikat oleh kode etik jurnalistik. Pewarta dilarang keras bertindak semau gue. Semua yang ditayangkan ke masyarakat ada rambu-rambunya,” ujarnya

 

Lainnya, berdasarkan maraknya fenomena internet dan dunia digital atau komunikasi via dunia maya, di tengahnya muncul 'media perorangan. Kehadirannya, mereka mereaksi agar tidak tergerus oleh media mainstream yang juga bergerak masif dengan jaringan yang menggurita,

 

"Kami pun, pemilik media perorangan,  hrus menggurita dengan jejaring tersendiri. Makanya, kami sekarang tergabung dalam C59 - Great People. Kami mencoba membuat kaki-kaki gurita kita sendiri,” jelas Ariesmen di hadapan tamunya.

 

Istimewanya media yang tergabung dalam  C59 - Great People, kerap berjejaring dengan ribuan pelaku UMKM. Nada atau rona pemberitaan pun, biasanya bernuansa inspiring atau menggugah, dan terkadang pasar beritanya segmented. Makanya, lanjut Ariesmen:

 

"Kami  tidak hanya sekedar membuat berita yang datar dan dangkal, melainkan siap membantu memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi mitra UMKM."

 


UMKM Naik Kelas Jawa Barat

 


Turut hadir menjamu tamu istimewa dari Avenzel Hotel & Convention, hari itu ada Agus Setiawan yang juga sering disapa sebagai Agus irvshoes adalah sebagai Ketua DPD UMKM Naik Kelas Jawa Barat. Sehari-hari Kang Agus Irvshoes ini berperan sebagai Koordinator Pemberdayaan UMKM C59 - Great People.

 

“Kemarin kami membantu UMKM mendaftarkan merek usahanya, membuat perseroan perorangan, membuat ijin usaha (NIB), membuat PIRT dan membantu mendapatkan sertifikat halal, serta sebagainya,” kata Agus Setiawan.

 

C59 - Great People pun baru-baru ini sudah membuat buku tentang kiprah seorang wakil rakyat yang kebetulan menjabat sebagai Ketua DPRD Jawa Barat.

 

Selain itu C59 - Great People, juga bekerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Barat.

 

“Ternyata, bagian kepemudaan di Dispora Jabar,  punya kegiatan membantu entrepreuner-entrepreuner muda. Setelah dididik selama dua hari di Dispora Jabar, pada hari ketiga atau hari terakhir, entrepreuner-entrepreuner itu diboyong Dispora Jabar ke C59 - Great People untuk mendapatkan pencerahan."

 

Lanjutnya Koordinator Pemberdayaan UMKM C59 - Great People, Agus Setiawan mengatakan:“Saat ini kami mencoba membuka wawasan para generasi milenial yang tertarik untuk berwirausaha, agar menjalin kerjasama dengan para UMKM produsen yang telah ada. Kami arahkan mereka untuk fokus dalam membangun pemasaran produk UMKM”.

 

Lebih jauh Agus kepada tamunya Sonia Persia, memperkenalkan konsep untuk membuka peluang kerjasama dengan pihak hotel Avenzel, khususnya dikaitkan dengan pengembangan pemasaran aneka produk UMKM.



Mas Wiwied 'perintis' ekonomi kreatif via perkaosan sejak era 1980-an di Kota Bandung, tak lelah masih membina generasi muda - menelurkan bibit unggul wiraswastawan baru . (Foto: Ist).



 

“Saya rasa pihak Avenzel dapat mengambil peran, memfasilitasi pemasaran produk UMKM dengan menyediakan space khusus, untuk memajang atau menjual produk UMKM. Timbal baliknya nanti tim Media Center C59 - Great People, akan menyalurkan pemberitaannya.  Hal ini akan baik juga bagi promosi Avenzel.  Sekaligus bisa menjalankan fungsi Corporate Social Responsibility", papar Agus.

 


Bisa Saling Support


 

“Setelah berkunjung ke Great People C59 saya banyak dapat masukan dan pencerahan,” kata Sonia Persia.


Sonia Persia berharap, ke depan kunjungan ini bisa ditindaklanjuti Avenzel Hotel dan C59 - Great People, dengan saling support dalam berbagai kegiatan.


“Nggak nyangka juga, media sekarang blusukan ke UMKM juga. Ini juga ternyata bisa searah dengan program hotel kami,” pungkasnya. . (Harri Safiari & Tim)

Marcomm Avanzel Hotel& Convention Sambangi C59 - Great People, Rintis Kolaborasi  Marcomm Avanzel Hotel& Convention Sambangi C59 - Great People, Rintis Kolaborasi Reviewed by Harri Safiari on 00.21 Rating: 5

Tidak ada komentar