Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat Terkait KH Ahmad Sanusi Ditetapkan jadi Pahlawan Nasional: Bangga!

 


taufikhidayat_dprdjawabarat




Algivon – “Muncul rasa bangga,” demikian terlontar dari Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat H. Taufik Hidayat, SH., MM, mengetahui tokoh asal Provinsi Jawa Barat, yaitu KH Ahmad Sanusi, ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh Pemerintah Pusat (10/11/2022).


 Adapun, Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh dari berbagai daerah yang telah berjasa bagi bangsa dan negara, salah satunya KH Ahmad Sanusi. Adapun, penyerahan penghargaan berkaitan Hari Pahlawan tahun 2022,  telah digelar di Istana Negara, Jakarta, pada Senin, 7 November 2022. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah mendampingi keluarga almarhum KH Ahmad Sanusi, saat penganugerahan gelar pahlawan nasional di Istana Negara, Jakarta.

 

KH Ahmad Sanusi adalah tokoh Islam yang turut memperjuangkan lahirnya dasar negara Pancasila, khususnya saat terjadi konflik pada penentuan sila pertama. Melalui perannya saat itu, perdebatan mengenai ideologi negara yang terbagi menjadi negara Islam, dan negara sekuler melahirkan jalan tengah dengan lahirnya ideologi Pancasila.

 


 ( Humas Disparbud Jabar)




Hingga kini, Ahmad Sanusi yang sohor karena ciri khas kiai yang selalu berpeci hitam ini, merupakan seorang ulama besar yang lahir pada 18 September 1889 di Desa/Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. KH Ahmad Sanusi selain merupakan salah satu anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) juga dikenal sebagai tokoh Islam yang  menentang kolonialisme di Indonesia. Melalui gerakan politiknya di beberapa organisasiyat  keagamaan. KH Ahmad Sanusi  dinilai telah berjasa pula dalam memperjuangkan pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

“Karenanya, bertepatan dengan bertambahnya warga dari Jawa Barat yang memperoleh penganugerahan Pahlawan Nasional, ini paptut kita syukuri. Semoga apa yang telah dirintis dan diperjuangkan oleh KH Ahmad Sanusi, NKRI ini menjadi kokoh selamanya,” papar Taufik Hidayat sambil menambahkan -"Bagi generasi muda Indonesia, jadilah pahlawan masa kini yang membanggakan negeri."  (HS/Rls).

 


Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat Terkait KH Ahmad Sanusi Ditetapkan jadi Pahlawan Nasional: Bangga! Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat Terkait  KH Ahmad Sanusi Ditetapkan jadi Pahlawan Nasional: Bangga! Reviewed by Harri Safiari on 00.32 Rating: 5

Tidak ada komentar