Wuih, Ada Disneyland & Universal Studio Plus Luxury Estate, Kabar Asyik dari EPIC KABAR





Algivon – Sabar ya para Algivoners? Sebentar lagi di Indonesia akan berdiri Taman Hiburan berkelas dunia. Tepatnya, di Kabupaten Bandung Barat di area seluas sekitar 900 hektar. Di sini akan ‘manggung’ Taman Hiburan Disneyland dan Universal Studio. Tak hanya itu, dilokasi tersebut juga akan berdiri Luxury Estate berkelas Internasional yang didesain oleh studio arsitek STUDIA 54 kenamaan dari Eropa.

 

Kabar asyik di atas dipaparkan Stella Savsavubun representasi dari pemilik lahan dan EPIC KABAR (Kabupaten Bandung Barat) pengembang properti. Menurutnya di sana akan ada dua wahana prestisius berkelas dua plus satu hunian juga yang berkelas dunia. Pemilik lahan dan pengembang sudah menandatangani kerjasama dengan manajemen kedua (Disneyland & Universal Studio) institusi kelas dunia tersebut.

 

 




“Kami sudah menyepakati kerjasama dengan Universal Studio dan Disneylad awal tahun kemarin. Mereka akan datang kesini untuk melakukan kegiatan Feasibility Studies agar bisa direncanakan sesuai dengan lahan yang tersedia,” papar Stella Savsavubun yang akrab dipanggil Eca itu. Menurut Eca pada Kamis (17/11/2022) saat ini tengah dibentuk Holding Company untuk mengelola ketiga bagunan kelas dunia tersebut.

 

Saat ini Disneyland memiliki 6 taman bermain yang ada di beberapa negara. Di Califonia Amerika, Florida Amerika, Tokyo, Hongkong, Paris, dan Shanghai. Disneyland diresmikan pada tanggal 17 Juli 1955 di Anaheim, California sekitar 28 mil dari kota Los Angeles oleh Walt Disney. Wahana Disneyland ke-7 rencananya akan dibangun di Bandung.

 

Selanjutnya Universal Studio juga ada di beberapa negara, Indonesia akan menjadi Wahana Universal Studio ke-3 di Asia. Saat ini Universal Studio ada di Jepang dan Singapore, dan pengunjung dari Indonesia setiap tahun selalu ramai. Universal Studios Hollywood dibangun pada 30 April 1912, oleh Universal Pictures, merupakan taman hiburan tertua dan paling terkenal di Hollywood Amerika Serikat.

 

Imbas Ekonomi Jawa Barat & KBB

 

Terkait akan dibangun 2 wahana plus 1 hunian berkelas dunia, otomatis akan berimbas pada peningkatan ekonomi kawasan sekitar. Hal ini juga sudah didukung dengan pembangunan infrastruktur akses jalan dan kereta api cepat yang akan melintas di sana. Pembangunan jalan lingkar Padalarang-Cipatat, di Kabupaten Bandung Barat (KBB), malahan mulai dikerjakan sejak Februari 2022 lalu. Keberadaan jalan sepanjang 7,4 kilometer ini digadang-gadang jadi solusi kemacetan dan berdampak pada peningkatan ekonomi daerah. Jalan ini akan memangkas kemacetan di kawasan Ciburuy dan Padalarang. Nantinya kendaraan dari Bandung atau Cianjur melewati komplek Kota Baru Parahyangan lalu langsung masuk melalui gerbang tol Padalarang. Di mana kawasan Wahana Disneyland dan Universal Studio akan berdiri di wilayah yang dekat dengan akses jalan tersebut.

 




Bupati Bandung Barat Barat Hengky Kurniawan baru-baru ini mengatakan selain mengurai kecamatan, jalan lingkar Padalarang-Cipatat ini akan berefek domino pada peningkatan ekonomi. Terutama dari sektor pendapatan pajak daerah yang selama pandemi sempat babak belur.


 




Menurut pengamat UMKM di KBB, Agus Setiawan yang sehari-hari bergelut mengkoordinasi ribuan UMKM di daerah yang sedang berkembang ini, pilihan investor menempatan dua raksasa ‘pabrik hiburan kelas dunia’ adalah hal yang tepat. “Apa lagi bila dalam jangka panjang, dibangun pusat-pusat pengembangan SDM yang dapat memenuhi kebutuhan kedua raksasa ini.”

 

Kita tahu industri hiburan di dunia belum tahu semuanya tentang kehebatan seni Sunda (karawitan, seni bela diri, bobodoran, dll). Siapa tahu melalui dua pusat hiburan ini, kelak bisa dikembangkan ke manca negara baik secara fisik maupun ide-nya menjadi mendunia. Contohnya K – Pop menyebar ke dunia setelah mereka berkolaborasi dengan pusat-pusat kreatif dan hiburan kelas dunia.

 

Pada pihak lain,  Adi Raksanagara jurnalis senior yang juga dikenal sebagai pengamat industri kreatif dan hiburan di dalam negeri, kehadiran Taman Hiburan Disneyland dan Universal Studio di Kabupaten Bandung Barat, dipercaya akan menimbulkan magnet baru daerah tujuan wisata world class di daerah yang kini sedang berkembang pesat, segera mewujud: “Setidaknya dekat lintasan Kereta Api Cepat Bandung –Jakarta, ini memudahkan warga untuk diakses.”

 

 

Peluang Emas Investasi bersama Holding Company

 

 

Pemilik lahan saat ini membuka kepada khalayak untuk peluang investasi dalam mewujudkan Wahana tersebut. Saat ini kepemilikan lahan yang berlokasi di Kecamatan Saguling Kelurahan Cipangeran Kabupaten Bandung Barat itu sudah 307 Hektar dari 450 Hektar. Wujud dari investasi dengan membentuk Holding Company. Area tersebut untuk kawasan hunian Luxury, dimana sisanya dari 900 hektar itu akan dibangun Universal Studio dan Disneyland.

 

“Kami membuka peluang ini dengan waktu terbatas,” ujar Eca. Hali ini sejalan dengan program Pemerintah Republik Indonesia untuk membuka investasi dari dalam maupun luar negeri. Namun dalam pelaksanaanya masih belum mulus, karena masih ada beberapa aturan yang perlu dicermati untuk akselerasi investasi.

 

Bahwasanya para pengembang mendesak agar ruang bagi orang asing membeli properti di dalam negeri bisa dipermudah. Pembahasan Peraturan Pemerintah (PP) yang merupakan turunan dari UU No 11 2020 tentang Cipta Kerja bisa diatur lebih jelas soal kepemilikan properti bagi orang asing di dalam negeri.

 

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Real Estate Indonesia (DPP REI) Totok Lusida meminta adanya aturan yang jelas mengenai kepemilikan properti oleh warga negara asing (WNA). Ia melihat aturan yang mengizinkan WNA memiliki properti bakal membawa sentimen positif bagi sektor properti.

 

Totok mengusulkan ada batasan harga yang diatur. WNA hanya bisa membeli properti dengan harga di atas batas tertentu. Artinya jika di bawahnya, maka tidak bisa dimiliki oleh WNA.Di Indonesia memang sudah ada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 103 tahun 2015, tapi orang asing hanya diberi izin dalam bentuk hak pakai atas satuan rumah susun.

 

Kawasan Luxury Estate Pertama di Indonesia

 

EPIC KABAR (KABAR:Kabupaten Bandung Barat) sebagai penyedia Luxury Estate dan Partner dari Universal Studio serta Disneyland membuka kesempatan bagi WNA untuk menikmati hunian yang berkelas. Tak hanya WNA, WNI juga bisa ikut menikmati hunian LUX di kawasan Bandung Barat tadi. Penawaran pra launch sebelum berdirinya perumahan dengan fasilitas terlengkap dan terbaik, dalam waktu dekat akan segera digelar. Tentunya akan dibuka kesempatan kepada Investor dari dalam dan luar negeri, untuk bergabung di Holding Company.





 

Hunian properti dari EPIC KABAR ini akan menjadi kawasan Luxury Estate pertama di Indonesia. Hanya dengan membeli di awal seharga Rp 2,5 M pemilik disuguhi tiga pilihan menarik. Yaitu: pertama miliki saham perusahaan senilai Rp 10 Milyar, kedua memiliki lahan seluas 5.000m2 dipinggir jalan dengan lebar jalan 12-22 meter dan NJOP Rp 2 jt per m2 c. Lalu pilihan ke-3 memiliki rumah luxury LB 900m2 di atas lahan 2500m2. Penawaran ini berlaku hanya sebelum dimulainya pengajuan ijin wilayah dan berdirinya perusahaan dalam waktu dekat.[HS/Rls]

Wuih, Ada Disneyland & Universal Studio Plus Luxury Estate, Kabar Asyik dari EPIC KABAR Wuih, Ada Disneyland & Universal Studio Plus Luxury Estate, Kabar Asyik dari EPIC KABAR   Reviewed by Harri Safiari on 06.37 Rating: 5

Tidak ada komentar