FPIK Unpad Olah Frozen Food, Yudi Nurul Ihsan: Tangkapan Nelayan Jabar Dipasarkan



Aneka jenis ikan hasil tangkapan nelayan Jawa Barat yang kini diolah oleh tim Master Fish FPIK Unpad Jatinangor - Boleh dicoba ... (Foto Ist.)



Algivon -- Melanjut pemberitaan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kalautan (FPIK) Unpad, kala itu sekaitan acara puncak Dies Natalis ke -17 di halaman Gedung Dekanat Kampus FPIK, Jatinangor (7/7/2022), dengan titik tumpu target di antaranya hilirisasi riset, master fish, pemasangan cold storage, serta pengembangan double degree.

 

Kali ini 15 November 2022, Dekan FPIK Unpad Dr. Sc.agr. Yudi Nurul Ihsan, M.Si, dalam kaitan pengoperasian gudang beku portabel (cold Strorage), kepada redaksi menyatakan dirinya sedang menyiapkan etalase produk perikanan.

 

"Sementara ini gudang beku akan dikelola tim bentukan FPIK. Namanya tim Master Fish. Tim ini akan mengembangkan unit bisnis perikanan. Produk yang akan dikelola ada 6 tipe frozen food. Bahan bakunya, ikan hasil tangkapan nelayan di Jawa Barat, sementara ini dari Pangandaran dan Dadap Indramayu."

 

Yudi Nurul Ihsan pun berencana akan memanfaatkan fasilitas ini sebagai mini pilot project sistem rantai perikanan dengan pendekatan eduwisata, dan menjadikan percontohan gudang bahan baku ikan, serta produk olahannya.

 

"Setidaknya untuk tahap awal ini tim master fish akan mengolah ikan  selar, layur, kembung, teri, tongkol, serta produk budidaya di antaranya  udang vanamei, dan bandeng."

 

Masih kata Yudi Nurul Ihsan yang menyatakan gudang beku portabel ini, sebagai hibah barang dari Direktur Logistik Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan & Perikanan KKP RI Berny A. Subki yang diterima oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan Unpad Prof. Dr. Ida Nurlinda,MH., ini diserahkan di ruang Pleno Dekanat  FPIK Unpad Jatinangor pada awal minggu November (7/11/2022) lalu,  gudang beku ini akan menjadi salah satu objek pembelajaran mahasiswa, terutama pengembangan hilirisasi perikanan.

 

"Makanya, demi optimalisasi fungsi cold storage ini, kami siapkan pula etalase produk perikanan yang memenuhi syarat. Hasil laut dari nelayan Jabar dipasarkan dan dikemas dengan lebih baik dan menarik, dan berharga terjangkau," pungkasnya. (HS/Rls)

FPIK Unpad Olah Frozen Food, Yudi Nurul Ihsan: Tangkapan Nelayan Jabar Dipasarkan FPIK Unpad Olah Frozen Food, Yudi Nurul Ihsan: Tangkapan Nelayan Jabar Dipasarkan   Reviewed by Harri Safiari on 18.01 Rating: 5

Tidak ada komentar