Ketua DPRD Jabar Kang TH Angkat Bicara Terkait Hari Wayang Nasional 7 November 2022





 

Algivon – Inilah kehebatan Indonesia, punya Hari Wayang Nasional. Peringatannya kerap dirayakan pada tanggal 7 November, sejak 2018. Hari Wayang Nasional merupakan momentum bagi kita, untuk meningkatkan kecintaan sekaligus melestarikan dan mengembangkan kesenian wayang.

 

Lantas apa tanggapan Ketua DPRD Jabar Brigjen TNI (Purn) H. Taufik Hidayat SH. MMH yang akrab disapa Kang TH, kita tahu Kang TH ini dikenal cukup piawai mendalang wayang golek seperti yang ia tunjukkan secara in formal di beberapa kesempatan:

 

“Di Indonesia ini setahu saya ada lebih dari 100-an jenis wayang yang bersemai di pelosok Nusantara. Khusus di Jawa barat, wayang golek dengan segala pesonanya, masih tetap bertahan dengan segudang permasalahannya. Sedikit tentangnya faktanya, ia sedang mengalami  gempuran dari  seni budaya luar atau seni global. Tentu, ini cukup mempengaruhinya,” papar Kang TH yang sejak masa kecil di Cikampek, ia mengagumi seni wayang golek yang berkembang di sana.

 

Lebih jauh menurut Kang TH, melalui Hari Wayang Nasional ini masyarakat diharapkan dapat lebih aktif mengembangkan dan mengkaji warisan para leluhur kita.

 

“Seni wayang yang beragam di negara kita, adalah salah satu akar budaya kita. Generasi muda dengan segala kemampuan inovasi dan improvisasi, amatlah dinanti kreasinya. Tujuannya agar wayang  yang bukan sekedar seni tontonan melainkan sarat berunsur tuntunan, bisa lestari juga berkembang,” tambah Kang TH.

 

Sekedar info, Hari Wayang Nasional pada setiap tnggal 7 November didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2018, tertanggal 17 Desember 2018. (HS/Rls).

 

 

 


Ketua DPRD Jabar Kang TH Angkat Bicara Terkait Hari Wayang Nasional 7 November 2022 Ketua DPRD Jabar Kang TH Angkat Bicara Terkait Hari Wayang Nasional 7 November 2022 Reviewed by Harri Safiari on 17.14 Rating: 5

Tidak ada komentar