Kang TH Apresiasi Hari Ayah Nasional: Esensinya, Tak Bisa Dipisahkan ...

 





Algivon -- Kita tahu Hari Ayah pada tahun ini  jatuh pada Sabtu, 12 November 2022. Sejatinya, Hari Ayah Nasional berbeda dengan Hari Ayah Sedunia yang diperingati setiap minggu ketiga bulan Juni. Namun demikian, keduanya memiliki esensi dan makna yang sama, yakni apresiasi dan penghormatan pada sosok ayah. 


Bagi Kang TH, ini sapaan akrab dari Brigjen TNI (Purn.) Taufik Hidayat SH., MM., Ketua DPRD Propvinsi Jawa Barat yang merupakan suami dari dr. Rinrin Merinova, serta ayah dari tiga putri Aldora Stella Bulowati, Eversti Nevalia, dan Salsya Vashanti Etenia. Pada intinya, ia mengapresiasi atas adanya Hari Ayah Nasional ini. 


"Sekilas timbulnya Hari Ayah Nasional versi Indonesia ini, bila tak keliru bermula dari Hari Ibu di Kota Solo Jawa Tengah," ujarnya.


Hasil penelusuran redaksi, peringatan Hari Ayah di Indonesia diprakarsai oleh paguyuban lintas agama dan budaya bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Kala itu PPIP saat merayakan Hari Ibu di Solo, Jawa Tengah juga menyertakan lomba menulis surat untuk ibu pada 22 Desember 2004. Di ujung acara, mayoritas peserta bertanya terkait penyelenggaraan lomba serupa untuk ayah. Diketahui, saat itu belum ada agenda nasional untuk memperingati Hari Ayah. Padahal kita sepakati bersama, sosok ayah amatlah penting, ia merupakan bagian tak terpisahkan dari keluarga, mampu membentuk dan melengkapi karakter keluarga. 


Sejak era 2004  hingga 2006 itulah Hari Ayah Nasional mulai bergaung hingga saat ini. "Esensinya, tak bisa dipisahkan antara Hari Ibu dan Hari Ayah ini. Kedua-duanya amatlah penting kita apresiasi sosoknya," kata Kang TH di akhir perbincangan, dengan menambahkan -"Serahkanlah hal yang baik ini kepada masyarakat. Yakinlah dengan adanya Hari Ayah Nasional, keutuhan keluarga dimata istri dan anak dalam kehidupan nyata, niscaya akan semakin penting, sedikitnya diapresiasi." (HS/Rls).


 

Kang TH Apresiasi Hari Ayah Nasional: Esensinya, Tak Bisa Dipisahkan ... Kang TH Apresiasi Hari Ayah Nasional: Esensinya, Tak Bisa Dipisahkan ... Reviewed by Harri Safiari on 17.46 Rating: 5

Tidak ada komentar