Hari Dermaga Nasional 2023, Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat: Penting Bagi Perekonomian



Dermaga atau pelabuhan yang berdaya guna di Nusantara, amatlah penting bagi kelancaran perekonomian Indonesia, kini dan mendatang. (Ilustrasi by HNY).


 


Algivon.com --   Dalam kalender peringatan nasional, Hari Dermaga Nasional 2023 kerap diperingati pada tanggal 17 Juni. Peringatan ini bertujuan, fungsi dermaga itu sangatlah strategis,utamanya dalam hal memperlancar perekonomian dan kegiatan lain yang melingkupinya. Merunut sejarahnya, dermaga telah dibangun sejak zaman kerajaan, terutama pada era nusantara masih berjaya.

 

Sebagai negara kepulauan, Indonesia sejak lama telah memiliki banyak dermaga kapal. Dermaga ini sejak dulu berperan selain sebagai tempat berlabuh kapal, juga untuk memperlancar ekonomi, distribusi komoditas, transportasi antar pulau, dan kini kepariwisataan.

 

Dalam kaitan Hari Demaga Nasional 2023, Ketua DPRD Jawa Barat Brigjen TNI (Purn) H. Taufik Hidayat, S.H., M.H., ditemui dikediamannya (17/6/2023), menyatakan:

 

“Selayaknya kita sebagai bangsa maritim, memperhatikan dengan seksama keberadaan sejumlah pelabuhan di Jawa Barat khususnya. Seingat saya ada beberapa pelabuhan di pantai utara dan selatan jabar,” ujarnya dengan menambahkan –“ Setidaknya di Jabar ada beberapa pelabuhan penyeberangan, perikanan, umum, dan perikanan pesisir, yang masing-masing punya peran tersendiri.”

 

Kini ada Patimban ...

 

Lebih jauh menurut Kang Opik panggilan akrab dari Ketua DPRD Jabar, tidak bisa dipungkiri bahwa Peringatan Hari Dermaga Nasional,”ini sejak lama berkaitan erat dengan berdirinya salah satu pelabuhan besar di Indonesia, pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.”

 

Menurut sejarahnya, rintisan berdirinya Pelabuhan Tanjung Priok ini, merupakan pengembangan Pelabuhan Sunda Kelapa yang digarap sejak 1877 - 1888. Pengembangnya kala itu masih dalam era kolonialisme Belanda, oleh maskapai pelayaran Koninklijke Paketvaart Maatschappij atau KPM. Saat ini Tanjung Priok menjadi pelabuhan besar, dan aktif berkontribusi dalam perekonomian nasional. Tanjung Priok ini di dalam negeri bersanding dengan 4 pelabuhan besar lainnya, seperti: Tanjung Perak (Surabaya – Jawa Timur), Patimban (Subang – Jawa Barat), Soekarno – Hatta (Makassar – Sulawesi Selatan), Belawan (Medan – Sumatera Utara).

 

“Nah, warga Jabar harus bersyukur. Kini pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang (pantura) dengan statusnya yang khusus, telah menjadi salah satu kebanggaan nasional. Ia, telah menjadi pelabuhan untuk banyak kendaraan roda 4 buatan kita, serta produk teknologi lainnya, yang diekspor ke manca negara,” tambah Kang Opik sambil menambahkan – “Kini warga Jabar harus berbangga punya pelabuhan besar yang bisa menyaingi Tanjung Priok di Jakarta Utara.”

 

Dalam catatan redaksi, inilah daftar pelabuhan umum di Jawa Barat, selain Pelabuhan Patimban & Pelabuhan Pamanukan/Blanakan (Kab. Subang), yakni Pelabuhan Pangandaran atau Bojong Salawe (Kab. Pangandaran); Pelabuhanratu (Kab. Sukabumi); Pelabuhan Muara Gembong (Kab. Bekasi); Pelabuhan Sindang Barang (Kab. Cianjur); Pelabuhan Muara Gebang ,Pelabuhan Astanajapura, dan Pelabuhan Bondet (Kab. Cirebon); Pelabuhan Indramayu/Losarang (Kab. Indramayu); Pelabuhan Cipatujah (Kab. Tasikmalaya); Pelabuhan Cirebon (Kota Cirebon). (HS/Rls).

 


Hari Dermaga Nasional 2023, Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat: Penting Bagi Perekonomian Hari Dermaga Nasional 2023, Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat: Penting Bagi Perekonomian Reviewed by Harri Safiari on 20.29 Rating: 5

Tidak ada komentar