Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat Angkat Suara Perihal HANI 26 Juni 2023: Utamakan Pencegahan!



 



Algivon.com – Pada setiap 26 Juni, diperingati sebagai Hari Anti Narkotika Internasional (HANI). HANI diperingati sejak 1987 berdasarkan resolusi Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB). Tujuan utama peringatan HANI, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesadaran masyarakat:

 

“Paling jelas penyalahgunaan narkotika, selama ini telah menimbulkan berbagai efek samping yang buruk bagi penggunanya, terutama generasi muda,” kata Brigjen TNI (Purn.) H. Taufik Hidayat S.H., M.H., tatkala dikontak sekaitan HANI yang jatuh pada 26 Juni 2023.

 

Lebih lanjut Taufik Hidayat yang sangat peduli terhadap upaya memerangi penggunaan narkoba, tentu ini sejalan dengan tema HANI pada 2023 - ‘Utamakan Kemanusiaan: Hentikan Stigma dan diskriminasi, serta perkuat pencegahan’.

 

“Sudah saatnya kini memunculkan kesadaran akan pentingnya memperlakukan pengguna narkoba dengan hormat dan empati. Ini dimaksudkan agar semakin muncul alternatif hukuman yang mengutamakan pencegahan, serta memimpin dengan kasih sayang,” jelasnya.

 

Sekedar info, di Jawa Barat, mengutip paparan Kepala Kejati Jabar Asep N. Mulyana, penyalahgunaan narkotika menjadi kasus tertinggi selama tahun 2022, angka perkara narkotika berjumlah  2.439 perkara. Ini katanya lebih banyak dari perkara lainnya seperti pencurian, penggelapan, penipuan, dan lain-lain.

 

Yang lebih memperihatinkan, masih kata Asep N Mulyana itu, mayoritas penyalahguna narkotika itu masuk ke dalam usia produktif, yakni rentang usia antara 17 sampai dengan 25 tahunan. (HS/Rls)


Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat Angkat Suara Perihal HANI 26 Juni 2023: Utamakan Pencegahan!  Ketua DPRD Jabar  Taufik Hidayat Angkat Suara Perihal HANI 26 Juni 2023: Utamakan Pencegahan! Reviewed by Harri Safiari on 21.54 Rating: 5

Tidak ada komentar