Peringati Harlah Pancasila 1 Juni 2023, Milenial Bandung Barat Bersama ‘JURAGAN’ Ramaikan Workshop Pancasila


 




Algivon.com – Entitas relawan yang menamakan dirinya Jaringan Rakyat untuk Ganjar ‘JURAGAN’, dalam kaitan peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2023, kali ini melibatkan puluhan kaum milenial menggelar Workshop Pancasila di Warung Co’et, Cigugurgirang, Parongpong, Bandung Barat.

 

“Ini kami gulirkan setelah 6 Mei 2023 lalu ‘JURAGAN’ mendeklarasikan diri untuk pemenangan Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI 2024 - 2029 di Hotel Horison, Bandung. Hari ini (1/6/2023 – Red) salah satu implementasinya, kami buka kesempatan bagi kalangan milenial membahas Pancasila dalam gelaran workshop yang terintegrasi,” jelas Koordinator Workshop Pancasila, Ranny Hardiani.  

 

Lebih lanjut menurut Ranny Hardiani, yang di dalam ‘JURAGAN’ ini tercatat tokoh nasional TB Hasanuddin sebagai Koordinator Nasional ‘JURAGAN’, yang didampingi Sekjen ‘JURAGAN’ Riani Soedarmo:

 

”Ternyata, diluar dugaan pesertanya cukup banyak. Mereka ini, utamanya dari seputaran Bandung Raya, terutama Bandung Barat.”

 

Tercerahkan

 

Masih kata Ranny Hardiani, disela-sela kesibukan mengatur Workshop Pancasila yang mengetengahkan nara sumber piawai tentang seluk-beluk ideologi Pancasila, Wawan Gunawan dari (Jaringan Kerja Antar Umat Beragama) ‘Jakatarub’, dengan moderator Teriska Setiawan, keduanya selama hampir 2 jam mendinamisasi para peserta.

 





“Kami merasa tercerahkan ikut workshop Pancasila kali ini. Kang Wawan Gunawan dan Ibu Teriska begitu sabar dan telaten, menjelaskan kekinian ideology Pancasila milik kita, dan nasibnya di masa depan,” kata Yen Yen Ketua Kelompok V asal Desa Cihideung, Parongpong, Bandung Barat yang diamini rekannya Yusuf, Asep, dan Ijang

 

Lebih lanjut menurut Yusuf dan Asep, kegiatan ini diharapkan rutin digelar di daerahnya. “Kalau perlu ada tokoh nasional sesekali terjun menemui kami, lalu berdiskusi di antaranya tentang bagaimana menjadikan lebih dekat dengan konsep-konsep kekinian dan masa depan Pancasila.”    

 

Antusias Peserta

 

Kepada redaksi Wawan Gunawan dan Teriska Setiawan merasa kagum atas antusiasme para peserta dalam workshop Pancasila ini. Disadari kaum milenial memanglah harus diberi ruang yang cukup untuk mengekspresikan segala hasratnya untuk bereksistensi. Tadi kita lihat bersama, mereka tampak percaya diri memperkenalkan jati dirinya dan beberapa impiannya ke depan,” papar Wawan Gunawan yang diamini rekannya Teriska Setiawan.

 

Secara terpisah Dicky Wahyu salah satu pegiat ‘Juragan’ yang hadir melihat antusiasme para milenia pada ajang workshop Pancasila ini, merasa terkesan:

 

“Tampak seru saat setiap kelompok di workshop ini, selain mereka menampilkan aneka yel yang spontan dan menghibur. Merekapun tampak bersemangat tatkala mempresentasikan bagaimana sebaiknya kita hidup sehari-hari berlandaskan Pancasila. Saran saya ajang seperti ini, harus lebih sering digelar ya?,” tutupnya. (HS/Rls.)


Peringati Harlah Pancasila 1 Juni 2023, Milenial Bandung Barat Bersama ‘JURAGAN’ Ramaikan Workshop Pancasila Peringati Harlah Pancasila 1 Juni 2023, Milenial Bandung Barat Bersama ‘JURAGAN’ Ramaikan Workshop Pancasila  Reviewed by Harri Safiari on 10.57 Rating: 5

Tidak ada komentar