Taufik Hidayat Ketua DPRD Jabar Terkait Hari Lahir Pancasila tahun 2023: Gotong Royong & Globalisasi



Foto ilustrasi: modify by HNY 2023

 


 

Algivon.com – Pada 1 Juni 2023 ini ada peristiwa penting, ini sekedar mengingatkan kita, bahwa  Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) menggelar sidang pertama pada 29 Mei 1945. Dalam sidang ini, anggota BPUPKI membahas tentang dasar-dasar Indonesia merdeka. Lalu pada sidang kedua BPUPKI, Soekarno dalam pidatonya yang bertajuk "Lahirnya Pancasila" menyampaikan gagasannya mengenai konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia tepatnya pada 1 Juni 1945.

 

Selanjutnya, mengutip Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 1 Tahun 2023 Tentang Pedoman Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023, tema Harlah Pancasila tahun ini mengangkat tema "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global".

 

“Sungguh tepat tema yang diangkat pada tahun 2023 untuk Harlah Pancasila. Saatnya, Indonesia menunjukkan kembali perannya sebagai salah satu penggagas Gerakan Non Blok, bahwa prinsip gotong royong itu bersifat universal itu. Ini bisa membantu pertumbuhan global baik langsung, maupun tak langsung,” jelas Ketua DPRD Jabar Brigjen TNI (Purn) H. Taufik Hidayat, S.H., M.H., kala ditemui redaksi di kediamannya (1/6/2023).

 

Lebih lanjut menurut Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat  yang akrab disapa Kang Opik, “negara kita yang Non Blok itu dalam menghadapi perang berkepanjangan Rusia – Ukraina, lantangkan saja secara kuat perdamaian demi berhentinya perang yang menyengsarakan dunia,” kata Kang Opik sambil merujuk pada upaya yang dilakukan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melontarkan ide di forum internasional untuk menghentikan segera perang ini.

 

“Artinya, pada peringatan Harlah Pancasila tahun ini, prinsip gotong royong untuk segera dipraktikkan dalam kemaslahatan global. Menghimbau semua blok di dunia ini untuk bergotong-royong dalam segala kebaikan. Hal kebaikan, ini bisa dalam hal apa saja. Salah satu contohnya bagaimana mengurangi dampak global warming, dan bencana dunia lainnya? Ini kan bisa dilakukan secara bersama-sama melibatkan banyak negara,” pungkasnya dengan mengatakan – “Yakin, ini sumbangsih Pancasila untuk dunia.” (HS/Rls).


Taufik Hidayat Ketua DPRD Jabar Terkait Hari Lahir Pancasila tahun 2023: Gotong Royong & Globalisasi Taufik Hidayat Ketua DPRD Jabar Terkait Hari Lahir Pancasila tahun 2023: Gotong Royong & Globalisasi Reviewed by Harri Safiari on 11.48 Rating: 5

Tidak ada komentar