Hari Penyandang Disabilitas Internasional 3 Desember 2023, ini Kata Taufik Hidayat Ketua DPRD Jabar

 


Illustration by HNY 2023


 


 

Algivon.com International Day of Disabled Persons atau Hari Penyandang Disabilitas Internasional, kerap diperingati setiap tanggal 3 Desember. Tahun ini 2023, peringatannya berlangsung pada Minggu (3/12/2023), yang dilakukan oleh berbagai kalangan terkait dan komunitas di Indonesia termasuk di Jawa Barat.

 

Dalam kaitan ini, redaksi mengontak Ketua DPRD Jabar Brigjen TNI (Pur), H. Taufik Hidayat S.H., M.H., di kediamannya di Jalan L.L.RE Martadinata, Kota Bandung (3/12/2023):

 

“Ini adalah momen untuk meningkatkan pemahaman isu-isu disabilitas. Lebih penting lagi, memobilisasi dukungan terhadap hak, dan kesejahteraan para penyandangnya. Kita ingat, dulu para penyandang disabilitas sering berada pada posisi yang tidak semestinya,” ujarnya.

 

Bertahap pada beberapa tahun terakhir ini, para penyandang disabilitas di Indonesia dan Jawa Barat memberikan perhatian khusus berupa komitmen dan perwujudan penghormatan, perlindungan serta pemenuhan hak penyandang disabilitas secara bertahap terwujud.

 

“Lahirnya Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, adalah salah satu tonggak penting bagi semua kalangan. Utamanya, kesejahteraan para penyandang disabilitas di negeri kita, semakin banyak mengalami kemajuan dalam hal kesejahteraannya,” papar Kang Opik sapaan akrab Ketua DPRD Jabar.

 

Lebih lajut menurut Kang Opik,  himkah dari peringatan tahunan Hari Penyandang Disabilitas Internasional dicanangkan sejak 1992 oleh Majelis Umum PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) melalui Resolusi 47/3:

 

“Tak lain ini untuk meningkatkan kesadaran akan manfaat, dari integrasi penyandang disabilitas dalam setiap aspek kehidupan politik, sosial, ekonomi dan budaya,” tutupnya. (HS/Rls).


Hari Penyandang Disabilitas Internasional 3 Desember 2023, ini Kata Taufik Hidayat Ketua DPRD Jabar Hari Penyandang Disabilitas Internasional 3 Desember 2023, ini Kata Taufik Hidayat Ketua DPRD Jabar Reviewed by Harri Safiari on 12.45 Rating: 5

Tidak ada komentar