Kodim 0618/Kota Bandung bersama Pengampu Lain Perkuat Program Bebersih Selokan & Sungai di Kota Bandung

 

Ragam kegiatan Dandim 0618/BS Kota Bandung, Kol Inf Donny Ismuali Bainuri, memerkuat kolaborasi dengan Pemkot Bandung dan pengampu lain membersihkan sungai dan kalidemi mengurangi dampak negatif musim penghujan di Kota Bandung dan sekitarnya (7/12/2023). (Foto:HS). 


 

 

Algivon.com --  Memasuki musim hujan sejak November 2023, Kota Bandung dan sekitarnya kembali relatif menikmati suasana adem dan sejuk. Namun, janganlah terlena. Kewaspadaan terhadap ancaman bencana banjir dan longsor, perlu kita tingkatkan.

 

Sekaitan hal ini, Kodim 0618/Kota Bandung berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan pengampu lainnya seperti  Citarum Harum, BBWS, Babinkamtibmas, FKPPI, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung, DSDABM, dan lainnya, berkolaborasi meningkatkan dan memperkuat gerakan kebersihan serta kelestarian lingkungan, khususnya  sungai dan selokan (7/12/2023).

 

Hari itu Kodim 0618/Kota Bandung dan para pengampu lainnya  melakukan gerakan bersih-bersih selokan hingga sungai di Kota Bandung. Garapannya, di antaranya membersihkan sampah di Tempat Penyimpanan Sementara (TPS) di Gudang Selatan dan Pasar Andir.

 

Menurut Dandim 0618/BS Kota Bandung, Kol Inf Donny Ismuali Bainuri, diluar mencegah banjir, kolaborasi ini pun bertujuan demi menuntaskan permasalahan darurat sampah di Kota Bandung.

 

"Hari ini kita berada di lokasi pembersihan sampah di Sungai Cikapundung di pusat Kota Bandung, sekaligus menanami bantaran sungai dengan pohon-pohon keras untuk menghindari erosi. Kemudian penanaman pohon juga kita laksanakan di lahan-lahan kritis lainnya," terang Donny.  

 

Lebih jauh menurut Donny kumpulan sampah pada hari itu telah dibawa ke Satgas Citarum Harum sektor 7 untuk diolah menjadi briket. Diperoleh info lanjutan, bahwa tumpukan sampah yang diserahkan ke Satgas Citarum Harum yang di sektor 7, diolah baik itu sampah jenis organik maupun non organik, “semuanya menjadi briket," ujarnya.

 

Selanjutnya Donny pun menjelaskan, masih ada beberapa titik daerah rawan banjir maupun longsor di Kota Bandung, di antaranya daerah Ciumbuleuit dan Ujungberung. Pun menurut Donny, dirinya masih merasa prihatin, masih banyak masyarakat membuang sampah sembarangan.

 

Terkait fenomena ini, Donny gencar melaksanakan patroli bersama Satpol PP Kota Bandung , Linmas, serta Karang Taruna,” intinya demi mengingatkan masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai, dan agar terhindar dari bencana banjir, kita lakukan terus patrol…” pungkasnya.  (HS/Rls).  


Kodim 0618/Kota Bandung bersama Pengampu Lain Perkuat Program Bebersih Selokan & Sungai di Kota Bandung Kodim 0618/Kota Bandung bersama Pengampu Lain Perkuat Program Bebersih Selokan & Sungai di Kota Bandung Reviewed by Harri Safiari on 11.36 Rating: 5

Tidak ada komentar