Parantos Medal ‘Forum ngaDandanan Bandung’, Gelar Nobar & Diskusi Debat Cawapres: Seru Euy…

 



 "Ini baru edisi perdana, ke depan akan ada diskusi lanjutan dengan topik beragam. Semua demi pertimbuhan Kota Bandung dan Jawa Barat umumnya, agar lebih bermartabat dan bermanfaat, serta makin cantik pula," kata Dandan Reza Wardhana secara terpisah. (Foto: HS). 


 


Algivon.com – Wow, satu lagi tumbuh sesuatu yang baru alias ‘parantos medal’ - wadah diskusi bagi kalangan pegiat sosial, kebudayaan, dan kemasyarakatan di kota Bandung. Lokasinya strategis, dan mudah dijangkau yakni di Jl. Aria Jipang No. 6 Citarum Kota Bandung. Wadah baru buat diskusi serius dan membumi bagi kemaslahatan umat, kerap disebut juga di kalangan aktivis sebagai Poros Arjip.   

 

Acara perdana pada Jumat, 22 Desember 2023 di Poros Arjip ini bertajuk Nobar & Diskusi Debat Cawapres. Panelisnya, diramaikan oleh timses masing-masing pasangan calon.

 

Aan Rasulino mewakili Relawan AMIN Jawa Barat, ini mewakili paslon nomor urut 1. Mardiansyah, Ketua Umum ‘Rampai Nusantara’, ia mewakili paslon nomor urut 2. Dan, Henda S Atmadja, ‘Bargama Jawa Barat’ mewakili paslon nomor urut 3.

 



Riuh rendah di Poros Arjip pada diskusi edisi perdana (22/12/2023) (Foto: HS).



Moderator pada gelaran perdana di Poros Arjip ini, Yogi Suprayogi, Dosen FISIP UNPAD. Sedangkan penanggap pada gelaran  diskusi yang terbilang level ‘seru euy’, karena dihadiri pendukung masing-masing paslon, serta para milenial juga Gen Z Kota Bandung, ‘dikomandoi’ oleh Viktor Pirmana, Dosen FEB UNPAD.

 

Arah Forum

 

Kepada redaksi Dandan Reza Wardhana, salah satu tokoh di Forum ngaDandanan Bandung (F&B) mengatakan wadah ini digagas Joko, Deris, dan Hanif.

 

“Sejatinya muncul dari sebuah kesamaan pandangan, yaitu bagaimana membangun Bandung dan sekitarnya agar lebih selaras dalam banyak hal, begitu sebenarnya,” kata Dandan Reza Wardhana.

 

Ke depan, forum ini diharapkan bisa memfasilitasi para pegiat yang peduli akan pertumbuhan Kota Bandung, utamanya. Pegiatnya, bisa siapa saja mulai para akademisi, aktivis, kaum profesional, serta para pemuda milenial maupun Gen Z.

 

“Demi menyalurkan kreativitas, inovasi dan gagasan yang dapat memberi masukan, serta mempercantik Kota Bandung,” ujarnya dengan nada optimis.

 

Dijelaskan Dandan Reza Wardana, bahwa Forum ngaDandanan Bandung, sesungguhnya bukan sekedar gerakan fisik belaka.

 

“Yang utama adalah, kita juga bisa paham tentang politik, kita juga paham tentang apapun, selain fisik. Nah itu tujuannya seperti itu,” terangnya.

 

Terkait ‘musim’ debat Cawapres 2024, mau tak mau tersebab hal ini tengah menjadi pokok pembicaraan, maka F&B mengagas acara bernuansa hal ini.

 

“Sekarang sedang musim Pilpres, maka hari ini kita mulai dengnt debat ini, biar relevan toh?” jelasnya.

 

 

Anak Muda Tak boleh Cuek

 

 

Perihal pesertanya,  F&B mengundang komunitas milenial dan Gen Z, tujuannya agar mereka menjadi lebih paham, dan semakin menyadari bagaimana negara ini didirikan, termasuk bagaimana kota ini didirikan.

 

“Jadi anak muda, tidak boleh cuek, harus paham bagaimana kondisi sekarang ini,” jelas Dandan Reza Wardhana.

 

Harapan Dandan, ke depan, karena masih momen debat, maka giat yang akan dilakukan juga masih seputar nobar dan diskusi debat Capres Cawapres 2024.

 

Setelah masa Pilpres, akan dilanjut diskusi yang terkait langsung dengan Kota Bandung.

 

“Misalnya tentang isu-isu yang tengah update misal soal stunting, sampah, banjir, lalulintas dan sebagainya,” terangnya sambil menambahkan – “ Diskusi-diskusi itu, kemungkinan akan diadakan sebulan sekali, topiknya variatif.”

 



Disinggung, apakah pada debat cawapres tadi ada yang terkait dengan pertumbuhanKota Bandung? Dandan cukup lugas menjelaskan,”ada tentunya, bagaimana menarik investasi, pajak?” ujarnya dengan argument bahwa pajak itu bisa meningkatkan pendapatan, “tetapi jangan sampai memberatkan. Itulah prinsip keadilan,” jelasnya.

 

“Harus dipikirkan matang, bagaimana kita mengenakan pajak itu, kepada orang yang tepat. Tetapi, tidak membebani, namun ada unsur edukasinya, ia harus care (peduli) kepada daerahnya,” tutup Dandan Reza Wardhana. (HS/Ris)


Parantos Medal ‘Forum ngaDandanan Bandung’, Gelar Nobar & Diskusi Debat Cawapres: Seru Euy… Parantos Medal ‘Forum ngaDandanan Bandung’, Gelar Nobar & Diskusi Debat Cawapres: Seru Euy… Reviewed by Harri Safiari on 09.36 Rating: 5

Tidak ada komentar