Sekda Kota Bandung Sampaikan Amanat Hari Bela Negara ke-75: Kobarkan Semangat Bela Negara!



Momen Peringatan Hari Bela Negara ke-75 tahun 2023 tingkat Kota Bandung, mengusung tema “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju”, di Plaza Balai Kota Bandung (19/12/2023), yang dihadiri Jurnalis Bela Negara (JBN). (Foto: Ist).

 



Algivon.com – Kembali, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bandung menggelar upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-75 tahun 2023 tingkat Kota Bandung, kali ini mengusung tema “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju”, lokasinya di Plaza Balai Kota Bandung (19/12/2023). Tampak hadir dalam acara tersebut Forkopimda Kota Bandung, Jurnalis Bela Negara (JBN) serta undangan lainnya.

 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) mewakili Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, ia membacakan amanat Kementrian Pertahanan Republik Indonesia (Kemenhan RI).

 

Menurut Ema Sumarna, tema Peringatan Hari Bela Negara ke-75 ini dinilai sangat strategis sebagai panggilan untuk bersatu dan berkontribusi positif dalam rangka mencapai Indonesia maju.

 

“Hari Bela Negara hendaknya tidak sekedar dirayakan sebagai sebuah hari peringatan saja, namun harus menjadi momentum untuk komitmen bersama dalam mengobarkan semangat Bela Negara guna mewujudkan Indonesia Emas 2045,” jelas Ema Sumarna.

 

Lebih jauh Ema Sumarna saat membacakan amanat Kemenhan mengatakan, adanya perspektif non militer melalui peningkatan kesadaran dan pelibatan aktif elemen bangsa untuk menjadi unsur pendukung pertahanan negara yang dilandasi oleh semangat Bela Negara. Dalam amanat ini, dikatakan kelak mampu menjadi kunci keberhasilan dalam menghadapi segala ancaman yang mengganggu stabilitas nasional.

 

Ini kata Ema Sumarna mengutip pernyataan Jenderal Soedirman,“negara Republik Indonesia bukan milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu suku, bukan milik suatu golongan adat istiadat, tetapi milik kita semua, dari Sabang sampai Merauke.”

 

JBN Jabar & JBN Kota Bandung




Sinergi lintas sektoral dan lintas generasi, mewujudkan praktik bela negara yang membumi dan bermafaat bagi NKRI. (Foto:Kolase HS).

 


Terpantau pada Peringatan Hari Bela Negara ke-75 di Plaza Balai Kota Bandung dari pihak JBN selain hadir Ketua DPC JBN Kota Bandung Harisman Subawijaya, juga Ketua DPD JBN Jawa Barat Shahadat Akbar yang didampingi Sekertaris DPD JBN Jawa Barat Harri Safiari. Kepada redaksi hampir senada Harisman dan Shahadat Akbar menyambut baik atas suksesnya kegiatan upacara ini:

 

“Sukses untuk penyelenggaraan upacara kali ini di Plaza Balai Kota Bandung. Pesertanya lintas sektoral, juga lintas generasi, dan relatif semua unsur terwakili. Artinya, esensi bela negara, kini makin disadari perannya. Tinggal, kita harus lebih sinergis dalam implementasi di tingkat praktik berbangsa dan bernegara, apalagi menjelang Pemilu 2024 ini. Utamakan kepentingan bangsa dan negara, demi keutuhan NKRI. Ya, kobarkan lagi semangatnya, agar kita lebih maju!” pungkasnya. (HS/HRS).         

 


Sekda Kota Bandung Sampaikan Amanat Hari Bela Negara ke-75: Kobarkan Semangat Bela Negara!  Sekda Kota Bandung Sampaikan Amanat Hari Bela Negara ke-75: Kobarkan Semangat Bela Negara! Reviewed by Harri Safiari on 08.20 Rating: 5

Tidak ada komentar