Influencer ‘Budal’ Sebut Perilaku Ganjar-Mahfud ‘Nyunda’, Eka Santosa: Sepakat, Kondusif-lah…

 



Tangkapan layar Budi Daltan dan Eka Santosa dalam kesempatan melakukan podcast (27/12/2023) di kantor relawan Dukung Ganjar Pranowo Presiden ke-8 (DGP8) di Jalan Gatot Subroto No. 319 Kota Bandung, Jawa Barat. (Foto:IGUN) 


I


Algivon.com – ‘Budal’ yang dikenal sebagai influencer asal Kota Bandung tak lain Budi Setiawan Garda Pandawa atau lebih akrab disapa Budi Dalton (51), menyebut Paslon Capres-Cawapres Ganjar Mahfud mencerminkan perilaku  ‘Nyunda’. Hal ini ia kemukakan saat bertemu dengan Eka Santosa Ketua Relawan Dukung Ganjar Pranowo Presiden ke-8 (DGP8) yang berkantor di Jl. Gatot Subroto No. 319 Kota Bandung, Jawa Barat pada pada Rabu (27/12/2023).

 

“Kita tidak melihat ras atau sukunya, tapi perilakunya, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menunjukkan perilaku ‘Nyunda’,” jelas influencer ‘Budal’ yang punya segudang reputasi hingga acap disebut sebagai akademisi atawa dosen, musisi, politikus, kepada Eka Santosa saat Podcast di Media Centre DGP8.

 

Masih kata ‘Budal’ bahwa perilaku ‘Nyunda’ itu terpancar dari praktik Budi Pekerti yang terlihat dari jejak terkini dan jelak masa lalu. Menurut ‘Budal’ yang dalam @ artgram Budi Dalton Official mencantumkan salah satu motto-nya, ada waktunya kita belajar kepada ‘Orang Gila’ disaat ‘Orang Waras’ sudah tidak bisa memberikan contoh yang ‘Baik’, menurutnya dari ketiga paslon yang sekarang maju dalam Pilpres 2024 hanya Ganjar-Mahfud yang ber-Budi Pekerti!

 

“Melihat paslon yang lain, selain Ganjar-Mahfud punya rekam jejak yang tidak ber-Budi Pekerti atau ‘Nyunda’ tadi,” jelas Budi Dalton yang sehari-hari  menjabat Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Seni dan Sastra (FISS) Universitas Pasundan.

 

Lebih lanjut kata Budi Dalton yang dikenal juga sebagai Budayawan tersebut menyoroti paslon Ganjar-Mahfud saat debat Capres-Cawapres beberapa waktu lalu. “Saat debat itu Ganjar-Mahfud ‘cicing lain sieun tapi ngarti, usik lain wani tapi surti’ yaitu mengedepankan perilaku ber-Budi Pekerti yang ‘Nyunda’ tadi,” papar Baudi Dalton yang ditanggapi dengan cermat dan seksama oleh politikus sekaligus pecinta lingkungan dan pelindung dan pajuang masyarakat adat, Eka Santosa

 

Jawa Barat Pemilih Terbanyak

 

Berlanjut Eka Santosa yang pernah berkiprah sebagai wakil rakyat di DPRD Jabar dan DPRI mengelaborasi apa hal-hal yang bisa membangkitkan reputasi warga Sunda di Jabar (Jawa Barat), demi meningkatkan martabatnya terkait Pilpres 2024?

 

 “Sebagai pemilih terbanyak warga Jabar khususnya masyarakat Sunda menjadi harapan atau mungkin ditakuti, ‘urang Sunda mah tos biasa digogoreng dicap ini dicapi itu’ orang Sunda itu sudah biasa dijelek-jelekan sebagai sasaran survei,” kata Budi Dalton yang pernah berperan di 18 film layar lebar.

 

Ada sisi lain yang menark menurut ‘Budal’, Ganjar Pranowo itu sangat peduli dengan seni dan budaya. Terbukti, saat menjabat Gubernur, ia terlihat acap memberikan beberapa perangkat alat musik gamelan ke beberapa kecamatan di Jawa Tengah.

 

”Gamelan kan mahal harganya, ini membandingkan di Jabar saat ini jarang ditemukan perangkat musik gamelan ada di kantor Bupati,” ungkap Budi Dalton yang pernah meminta secara khusus ke Ganjar Pranowo saat kunjungan ke rumahnya di Jl. Lengkong Kota Bandung (4/10/2023 -Red) meminta agar ada Kementerian  Kebudayaan secara khusus tak seperti sekarang yang disatukan dengan unsur pendidikan

 

Selanjutnya, Eka Santosa menyoroti kiprah Ganjar Pranowo dalam menjaga ideologi dan menghargai perbedaan religi. “Ganjar Pranowo secara tegas menolak kedatangan Timnas Israel U-20, dan tetap berpegang teguh akan hal tersebut,” pungkas Budi Dalton.

 

Mengakhiri diskusi tersebut keduanya sepakat agara relawan Ganjar-Mahfud turut menjaga kelangsungan Pilpres 2024 tetap kondusif. “Kita berharap pertandingan ini wasit jangan sampai mengeluarkan ‘Kartu Kuning atau bahkan ‘Kartu Merah,” pungkas Eka Santosa yang dikenal juga sebagai pegiat lingkungan yang gigih. (HS/RD)


Influencer ‘Budal’ Sebut Perilaku Ganjar-Mahfud ‘Nyunda’, Eka Santosa: Sepakat, Kondusif-lah… Influencer ‘Budal’ Sebut Perilaku Ganjar-Mahfud ‘Nyunda’, Eka Santosa: Sepakat, Kondusif-lah…   Reviewed by Harri Safiari on 08.25 Rating: 5

Tidak ada komentar